109 Desa Terima Anggara Dana Desa Dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba

oleh

Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyerahkan anggaran dana desa kepada 109 desa sebesar Rp167,4 Miliar, Rabu (18/01/2017).Dana desa yang mencapai Rp167,4 miliar terdiri dari; Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp76,5 Miliar, Bantuan Dana Desa (BDD) sebesar 86,9 Miliar serta Bagi Hasil Pajak Daerah sebesar 3,9 Miliar.

109 Kepala Desa Saat Menerima Anggaran Dana Desa Di Kantor Bupati Bulukumba, Rabu 18/01/2017

Penyerahan anggaran dana desa tahun 2017 sebesar Rp167,4 Miliar, dilakukan di Kantor Bupati Bulukumba pada hari Rabu 18 Januari 2017 yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba Tomy Satria Yulianto, SIP. Dari jumlah anggaran dana desa tahun ini, Desa Pattiroang kecamatan Kajang merupakan desa penerima terbesar yang mencapai Rp1,6 Miliar. Sementara desa Lamanda kecamatan Bontotiro merupakan penerima dana desa terkecil adalah Rp1,4 Miliar.

Wakil Bupati Bulukumba berharap dengan Anggaran dana yang cukup besar ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di desa. “saya berharap, tidak ada lagi warga desa yang tanam pisang dijalan desa. Karena jalan desa merupakan kewenangan masing-masing kepala desa.

Lebih lanjut Kepala Badan Keuangan Daerah, Andi Mappiwali, juga berharap agar setiap kepala desa untuk mengelola dana desa secara profesional. Untuk tahun 2017 ini, Pemkab Bulukumba akan memberikan reward kepada kepala desa yang berprestasi mengelola dana desa.

Kepala Badan Keuangan Daerah Bulukumba, menetapkan 4 indikator bagi desa yang dianggap berprestasi, yang pertama, capaian PBB (pajak bumi dan bangunan) sebesar 95-100%, Kedua penetapan APB Desa tepat waktu, Ketiga penyampaian laporan keuangan desa tepat waktu dan Keempat tidak ada temuan dari BPK dan Inspektorat terkait penyalahgunaan anggaran desa.