150 Mahasiswa Fisip Unismuh Makassar Gelar Benchmarking di Kabupaten Toraja Utara

oleh
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh

Tanatoraja, suaralidik.com – Sebanyak 150 mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar menggelar Benchmarking di Kabupaten Toraja Utara, Jumat (29/6/2018) yang dipimpin langsung oleh Wakil Dekan 2 Fisip Unismuh A.Luhur Prianto, S.IP., M.Si.

Selain itu, hadir juga 10 dosen pendamping diantaranya Nuryanti Mustari, Ahmad Harakan, Ahmad Taufik, Irwan Alim, Sunardi serta dosen lain, termasuk senior Andi Nuraeni Aksa dan Musliha Karim, pembimbing ahli kegiatan.

Kegiatan ini mengusung tema “Tata Kelola Pariwisata di Kabupaten Toraja Utara” selama 4 hari dari Kamis (28/6) – Minggu (1/7/2018).

Menurut A. Luhur Prianto bahwa “Kami mengidentifikasi toraja utara adalah contoh yang baik dalam pengelolaan pariwisata diantara peran pemerintah, swasta dan juga masyarakat. Apalagi dengan segala karunia tuhan diberi alam yang indah untuk pengembangan pariwisata,” ungkap di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Toraja Utara, Jumat (29/6/2018).

Kegiatan ini disambut oleh Bupati Toraja Utara yang diwakili Pj. Sekertaris Daerah Drs. Rede Roni Bare Menurutnya, ia merasa terhomat atas kedatangan sejumlah mahasiswa Unismuh.

Hal itu diungkapkannya, lantaran Kabupaten Toraja Utara adalah pilihan yang tepat sebagai pembelajaran dalam mengetahui tata kelola Pariwisata.

“Visi kami adalah mekar untuk sejahtera. Sedangkan salah satu misi kami adalah menggairahkan, sehingga setiap orang yang berkunjung kesini akan merasa senang,” tuturnya dihadapan ratusan mahasiswa Unismuh Makassar.

Terbukti, pariwisata Toraja Utara membawa daya tarik yang besar, terlebih lagi destinasi Wisata yang dikenal “Negeri Di Atas Awan”. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014 bersama Ani Yudhoyono hadir. Selain itu, juga Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah berswafoto.

Setelah dibukanya kegiatan itu, dilanjutkan dengan kuliah umum yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs. Harli Patriatno terkait pengelolaan Pariwisata Pemda Toraja Utara.(***Satriawan)