154 Pengungsi Banjir Ditampung Di Kantor Bappeda Bulukumba

oleh
Banjir di Bulukumba
Kondisi para pengungsi korban banjir di bulukumba yang sedang ditampung di Bappeda Bulukumba, Minggu 29/5/2017

Suara Lidik Bulukumba,- Sebanyak 154 warga mengungsi di Kantor Bappeda, Minggu (28/5). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba membangun tenda posko di halaman Kantor Bappeda untuk menampung warga yang rumahnya tergenang air karena banjir. Sebagian besar warga yang mengungsi ini adalah warga Kelurahan Loka Kecamatan Ujungbulu yang bermukim di sekitaran jalan Jambu, jalan Kenari, jalan Gajahmada dan jalan Nangka.

Banjir di Bulukumba
Kondisi para pengungsi korban banjir di bulukumba yang sedang ditampung di Bappeda Bulukumba, Minggu 29/5/2017

Selain tenda pengungsian, BPBD Bulukumba juga membangun posko kesehatan dan dapur umum. Namun sebagian besar warga memilih memanfaatkan aula Bappeda sebagai tempat bernaung. Dari pemantauan siang harinya, sebagian besar yang tinggal di posko hanya ibu -ibu, anak-anak dan orangtua lansia, sisanya yang memiliki fisik yang kuat masih di rumahnya untuk membersihkan dan menyelamatkan perabot mereka.

Para anggota Tim BPBD bahu membahu memasak dan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, begitu pula tim medis melayani pemeriksaan kesehatan bagi warga yang meminta dirinya diperiksa. Jelang buka puasa Wakil Bupati Tomy Satria kembali ke posko pengungsian untuk mengecek aktifitas para tim dalam melayani warga yang mengungsi.

Dua hari ini curah hujan sangat tinggi, akibatnya banjir pun tak terhindarkan. Namun Minggu sore ini, lokasi yang terpapar banjir tersebut sudah terlihat surut. Aspal jalan pun sudah kelihatan dan sudah dilalui kendaraan. Kemungkinan besar kalau tidak hujan lagi, warga sudah kembali ke rumahnya esok harinya. Malam ini mereka tetap menginap di Kantor Bappeda dan sahur bersama.(ulla/bcht)