16 Desa di Boltim Nantikan Kades Baru

oleh
Ikhlad Pasambuna
Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Boltim, Ikhlas Pasambuna

BOLTIM, suaralidik.com – Sebanyak 16 Desa di 7 kecamatan se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, akan lakukan pemilihan kepala desa (kades) secara serentak. Hal ini dibenarkan Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Boltim, Ikhlas Pasambuna, pada jumat (06/07/2018).

Proses administratif sudah dimulai pada bulan juli ini, dan pemilihan sangadi (Pilsang) akan dilakukan awal agustus mendatang,” ungkap Pasambuna.

Rencana sebelumnya Pilsang ini seharusnya sudah dilakukan saat masuk triwulan dua, namun masih tertunda karena ada beberapa agenda penting lainnya. Diungkapnya, terkait anggaran Pilsang berkisar 500 Juta Rupiah. Itu berbeda dengan pemilihan sebelumnya.

“Penganggaran yang dikeluarkan disesuaikan dengan jumlah desa yang melakukan pilsang. Anggaran Tahun sebelumnya lebih besar dikarenakan ada sekitar 63 desa yang melaksanakan pemilihan secara serentak,” jelasnya.

Diapun berharap, masyarakat mampu menilai sosok calon pemimpin yang bertanggung jawab.

“Pilsang yang dilakukan agustus 2018 ini bisa menjadi momentum yang baik bagi seluruh masyarakat. Tentu untuk dapat memilih kandidat yang mampu menjadi pemimpin terbaik bagi desanya.

Di sisi lain, Pilsang itu mendorong banyak harapan publik. Warga Nuangan, Namriah Mokodongan bertutur, mereka (masyarakat-red) sangat antusias untuk pemilihan tersebut. Menurutnya, Pilsang merupakan bagian dari demokrasi.

“Kiranya semua Sangadi yang terpilih bisa membawa desanya agar semakin maju dan lebih tertata. Pastinya mampu menciptakan program-program yang baik dan inovatif,” harap Mokodongan. (BRM)

Grafis desa yang akan melakukan pemilihan Sangadi.

Nama Kecamatan

Kec. Kotabunan.
Ds. Buyat I
Ds. Buyat II

Kec. Tutuyan.
Ds. Kayumoyondi
Ds. Tombolikat
Ds. Tombolikat selatan
Ds.  Tutuyan II
Ds.  Tutuyan III

Kec. Motongkad.
Ds.  Motongkad Utara

Kec. Nuangan.
Ds. Iyok
Ds.  Loyow

Kec. Mooat.
Ds. Mooat
Ds. Bongkuday Baru

Kec. Modayag.
Ds. Purwerejo Tengah
Ds. Badaro

Kec. Modayag Barat.
Ds. Bongkuday
Ds. Bongkuday Barat

Sumber: Tata Pemerintahan Boltim, Juni, 2018