250 Pelari Akan Ramaikan Toraja Ultra Scenic Run 2016

oleh
Toraja Ultra Scenic Run 2016

SUARALIDIK.com,TORAJA UTARA – Toraja yang merupakan sebuah daerah dataran tinggi yang merupakan destinasi wisata Nasional dengan budaya yang unik serta medan yang luas untuk berolahraga dan bukit_bukit yang hijau dan tebing penuh curam terlebih khusus hamparan sawah yang sangat luas dan lembah dimana desa_desa tumbuh tanaman kopi yang merupakan salah satu kopi ternikmat didunia.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan panorama wisata alam Toraja kepada warga, Consina Outdoor Service (COS) event bersama IKAT (Ikatan keluarga Toraja Jabotabek) akan menggelar event bertajuk Toraja Ultra Scenic Fun 2016 didaerah pariwisata andalan sulsel dan pengakuan UNESCO yang akan digelar pada Sabtu dan Minggu tanggal 1-2 Oktober 2016.

Event Toraja Ultra Scenic Run tahun 2016 merupakan event yang pertama kalinya digelar di Sulawesi Selatan dimana pelari akan mengelilingi rute wisata Toraja Utara “ucap koordinator lapangan Toraja Ultra scenic Run 2016, Virgo Dirgantara melalui siaran pers yang dilaksanakan di Hotel Misiliana Rantepao,Toraja Utara,Sabtu (1/10).

Event ini bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2016.

Peserta lari 250 K Toraja Ultra Scenic Fun 2016 saat dilepas Panitia di Rantepao Toraja - LISNA/SUARALIDIK.com
Peserta lari 250 K Toraja Ultra Scenic Fun 2016 saat dilepas Panitia di Rantepao Toraja – LISNA/SUARALIDIK.com

Jumlah peserta yang sudah mendaftar dan sudah siap ikut lomba lari sebanyak 250 peserta. Lomba lari ini akan melombakan beberapa kategori yaitu 27K, 50K, 102K. Peserta tersebut  akan menempuh rute jalan utama kota Rantepao saat start di Toraja Misiliana Hotel,selanjutnya diikuti rute yang memasuki jalan pedesaan yang menawarkan pemandangan rumah adat Toraja (tongkonan) hingga  ke daerah pegunungan Sesean yang memiliki ketinggian 2200 Mdpl.

Disebut ultra karena lomba lari ini  jaraknya diatas 40 km dan Scenic karena para peserta nantinya akan ditawarkan pemandangan Toraja yang sangat indah yang tak pernah putus.Soal keamanan peserta  saat mengikuti lomba lari jarak jauh ,pihak penyelenggara menjamin keselamatan para peserta dengan membekali Racepack (peralatan lomba) dan fasilitas tempat istirahat serta pemandu dibeberapa titik ” ucap Virgo memberikan keyakinan.

Ada jas hujan,emergency blanket,peluit,head lamp,juga gelang chek_poin untuk mengetahui peserta sudah benar melewati setiap pos yang ada atau tidak ” tambah Virgo.

Sementara itu panitia menerangkan jika setiap 10 kilometer di arena lintasan terdapat Water Station, Media dan Toilet yang membuat para peserta akan merasa nyaman mengikuti lomba yang menembus 14 kecamatan di Toraja tanpa harus khawatir soal keselamatan. Adapun biaya pendaftaran Toraja Ultra berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 1,8 juta ,tergantung dari kategori lomba yang diikuti.

REPORTER ;lisna

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com