3 Bersaudara Wakili MTQ Sinjai di Luwu, Semua Raih Prestasi

oleh
MTQ Sinjai di Luwu
Peserta MTQ tiga bersaudara mewakili Sinjai dalam Lomba MTQ tingkat Tingkat Propinsi di Kabupaten Luwu Timur

Sinjai,suaralidik.com – Ada yang menarik dari Kafilah Kabupaten Sinjai yang berlaga di Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Propinsi di Kabupaten Luwu Timur. Pasalnya dari 45 kafilah Kabupaten Sinjai, 6 diantaranya ada yang bersaudara.

Mereka yang bersaudara tersebut yakni Muh.Yusuf Bur yang tampil pada cabang hifdzil Qur’an 30 juz, Muh Nur Hidayah Bur pada tafsir bahasa Inggris dan Nurul Azizah Bur yang tampil di kategori tafsir bahasa arab.

Selama mereka tampil di Luwu Timur ia didampingi oleh ayahnya Burhanuddin yang kesehariannya sebagai guru mengaji dikediamannya di Jalan Bulu Lasiai Sinjai.

Burhanuddin saat ditemui, Rabu (4/4/18) mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas kemampuan yang diraih ketiga anaknya sehingga mewakili Kabupaten Sinjai di ajang MTQ Tingkat Propinsi Sulsel.

“Selaku orangtua, kami hanya bisa memberikan dukungan dan mengharapkan agar anak-anak terus menuntut ilmu untuk bekal mereka nanti. Selama ini kami tidak pernah paksakan untuk sekolah dimana, mereka sendiri yang meminta agar disekolahkan di pesantren Darur Abrar Palattae,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi terkait cara membimbing anak, Burhanuddin yang juga merupakan pensiunan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sinjai ini mengatakan bahwa selaku orang tua harus menjadi panutan dalam keluarga.

“Contoh kecilnya saja didalam keluarga kami itu membiasakan diri untuk tidak keluar malam jika tidak terlalu penting. Jadi menjelang magrib semuanya sudah harus berada di rumah,” katanya.

Ditambahkan, putra pertama mereka, Muh Yusuf Bur , sudah pernah meraih beberapa prestasi, di antaranya juara 3 festival anak shaleh tahun 2011, juara harapan 1 MTQ golongan 1 juz di Palopo.

Tidak jauh berbeda dengan Nurul Azizah Bur, putri bungsunya yang pernah meraih juara 2 tafsir bahasa arab di ajang STQ tingkat propinsi di kota Pare-pare tahun 2017 lalu. Sementara anak keduanya Muh Nur Hidayah Bur baru pertama kalinya mewakili Kabupaten Sinjai di tingkat Propinsi.

Burhanuddin berharap agar ketiga anaknya ini mampu meraih prestasi di Ajang MTQ ini sehingga mampu mengharumkan nama Sinjai hingga ditingkat nasional.

Bukan hanya itu, tiga anak dari Bahar Sallang yang berprofesi sebagai guru di Sinjai juga mewakili Sinjai di ajang MTQ ini yakni Ahmad Aslam Bahar, Lutfiah Bahar, dan Ahmad Arif Siraj Bahar.(MCS/Aand/BCHT)