34 Peserta dari Puskesmas dan Dokter di Sinjai Ikuti Pelatihan Penanggulangan Penderita TB

oleh
Dinas Kesehatan Sinjai
Pelatihan penanggulangan penderita TB oleh Dinas Kesehatan Sinjai

Sinjai,suaralidik.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengelola program TBC , di Aula Hotel Grand Rofina Sinjai, Selasa (10/4/18).

Hal ini dikarenakan penyakit Tuberkulosis (TB) saat ini, masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia.

Menurut, dr. Ratna Tahir dari Rumah Sakit Labuang Baji Makassar selaku narasumber menyampaikan bahwa pelatihan ini Untuk meningkatkan kapasistas petugas dalam memberikan pelayanan pasien TB khususnya dalam pemberian obat.

Lebih lanjut dikatakan, penemuan Kasus TB di masyarakat harus diingkatkan untuk memutus rantai penularan sebab selama ini kasus yang ditemukan masih lebih sedikit dari jumlah kasus yang ada dimasyarakat.

“Jadi petugas kesehatan harus aktif menemukan kasus ini sebab target kita pada tahun 2050, Indonesia harus bebas dari penyakit TB,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, yang terkena suspek TB agar memeriksakan kesehatannya di tempat pelayanan kesehatan, sebab penyakit ini dapat disembuhkan melalui pengobatan secara teratur.

Sekertaris Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Syuaib menyampaikan, bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan pengelolaan program Penanggulangan Penderita TB serta meningkatkan capaian indikator program ini di Kabupaten Sinjai.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 34 peserta dari Pengelola Program Penanggulangan Penderita TB di seluruh Puskesmas dan dokter dari RSUD Sinjai. (***AaNd)