Sambut Hari Guru, Aliyas: Menjadikan PGRI Sebagai Organisasi Guru yang Kuat dan Bermartabat

oleh
Penyambutan Hari Guru Nasional, foto bersama setelah Upacara di SMK N 1 Rambutan, Banyuasin, Sumatera Selatan, senin (27/11).

suaralidik.com, Sumatera Selatan–Puluhan guru dan siswa menghadiri upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus peringatan HUT PGRI ke 72, senin (27/11/2017). Kegiatan yang dilaksanakan pukul 7.30 wib ini bertempat di halaman Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 1 Kec. Rambutan, Kab. Banyuasin, Sumatra Selatan.

Menjelang upacara, para petugas segera menghimbau agar guru-guru dan siswa berbaris sesuai dengan kelas masing masing. Uniknya, semua petugas dalam upacara kali ini adalah para guru di SMK N 1 Rambutan itu sendiri.

Kepala SMK N 1 Rambutan, Banyuasin, Aliyas, Spd bertugas sebagai inspektur upacara. Ia mengatakan, kegiatan peringatan tersebut merupakan momen yang sangat sakral bagi guru guru dan dapat menjadi contoh bagi para penerus.

“Agar tidak letihnya kita sebagai guru untuk mewariskan ilmu yang kita miliki kepada anak anak didik kita, dan menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat” ucap lelaki tersebut dalam pidatonya.

Dalam kesempatan hari guru nasional ini, Aliyas juga memberikan penghargaan kepada guru guru dengan predikat terdisiplin, terapih, teramah, terinovasi, dan tegas yang kemudian disingkat “5T”. Pemberian penghargaan ini diseleksi langsung oleh siswa.

Aliyas berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh, suri tauladan bagi guru guru dan murid, agar proses belajar mengajar dapat berubah menjadi suasana yang damai dan nyaman.

“Keadaan ini (kegiatan belajar-mengajar. red) seperti di dalam kehidupan sehari-hari, bagaikan orang tua dan anak.” tutupnya yang diringi senyuman. (SN)