Berkas Jainudin-Makalalag Memenuhi Syarat Maju Jalur Independen

oleh

Kotamobagu, suaralidik.com–Komisi pemilihan umum (KPU) Kotamobagu telah meneliti berkas Jainudin Damopolii dan Suharjo Makalalag (JADI-SUKA). Pihak KPU menyatakan berkas tersebut memenuhi syarat yang ditentukan, dengan 10.109 berkas dukungan total dari 10.821 berkas yang diserahkan. Dari keseluruhan berkas, sebanyak 712 dukungan tidak memenuhi syarat.

“Setelah kami tim Komisioner KPU memeriksa berkas dukungan Jainudin Damopolii-Suharjo Makalalag, ditemukan 712 berkas tidak valid,” ujar Komisioner KPU Bidang Divisi Data dan Teknis, Aditya Tegela, kepada awak media pada sabtu (08/12) kemarin.

Menurut Aditya, berkas-berkas tersebut tidak memenuhi syarat disebabkan tidak terlampirnya kartu keluarga dan tidak disertakan foto copy KTP. Selanjutnya, setelah penelitian berkas, tim komisioner melakukan verifikasi vaktual di lapangan dengan door to door ke warga yang menyatakan dukungan kepada JADI-SUKA yang maju melalui jalur independen.

Jainudin Damopolii Sangat Optimis akan lolos verifikasi yang dilakukan oleh komisioner KPU. Terlebih melalui cara mereka turun di masyarakat untuk membuktikan keabsahan data.

Pelan tapi pasti, Jainudin Damopolii sudah mengantongi Suara sah sebanyak 10.109, melebihi ambang batas suara 8.681 dukungan yang ditentukan KPU untuk maju jalur independen.

“Masyarakat menyerahkan foto copy ktp elektronik dan kartu keluarga secara suka rela, tidak dibayar serta masih banyak foto copy ktp di rumah,” ungkap Jainudin kepada tim suaralidik.com. (MJ/an)