39 Peserta UNBK SMKN 4 Sinjai Pulau IX Akhirnya Bisa Nyalakan Komputer

oleh
UNBK Siswa SMKN 4 Sinjai
Hari Pertama, Senin (2/4/2018)Siswa-siswa SMKN 4 Sinjai sedang mengikuti UNBK 2018

Sinjai,suaralidik.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional secara serentak dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Hari ini (Senin,2/4/2018) tidak semua sekolah di Indonesia yang bisa mengikuti UNBK lantaran keterbatasan fasilitas dan prasarana yang tidak mendukung.

Seperti yang terjadi saat ini, 21 SMA dan SMK di Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bondowoso belum bisa mengikuti UNBK karena belum memiliki peralatan komputer lengkap.

Berbeda dengan SMKN4 Sinjai pulau sembilan, beberapa hari sebelum mengikuti UNBK, Sekolah itu diperhadapkan dengan dukungan jaringan listrik yang tidak menyala pada siang hari. Diketahui bersama jaringan PLN di wilayah itu hanya menyala pada malam hari saja.

Melihat kondisi ini, jauh sebelumnya Kepala Sekolah SMKN 4 Sinjai Pulau IX , Baharuddin ST, M.Pd melakukan permohonan khusus kepada Pimpinan PLN Cabang Bulukumba untuk memberikan dukungan keberlangsungan kegiatan UNBK selama 3 hari berturut-turut.

Baca JugaHadapi USBN 2018, Siswa-siswi SMKN4 Sinjai Pulau IX Sinjai Tembus Cuaca Buruk

Surat yang diajukan per tanggal 20 Februari 2018 lalu berisi permohonan agar PLN bulukumba bisa menyalakan jaringan listrik pada siang hari di Pulau Kambuno akhirnya dikabulkan.

Hari pertama kegiatan UNBK di sekolah itu berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan berkat dukungan PLN bulukumba terhadap keberlangsungan kegiatan UNBK di Pulau sembilan.

“Alhamdulillah, 39 peserta bisa menyalakan komputer di siang hari karena pihak PLN merespon dan mendukung kegiatan UNBK di sekolah ini juga,seandainya jaringan PLN tidak menyala saat ini, tentunya UNBK ini tidak akan bisa dilangsungkan karena komputer tidak bisa menyala tanpa listrik dan genset sekolah pun saat ini masih kondisi rusak parah”. Syukur Baharuddin yang ditemui langsung di ruang kerjanya, Senin 92/4/2018)

Hasil pantauan langsung suaralidik.com, Kegiatan UNBK yang dipusatkan di gedung SMKN 4 Sinjai Pulau Sembilan ini berlangsung lancar dan tertib dengan materi soal Bahasa Indonesia.

Sementara itu, pihak PLN Cabang bulukumba yang ditemui langsung di ruang kerjanya mengungkapkan akan mendukung kegiatan UNBK 2018 di SMKN 4 Sinjai hingga selesai.

” Insya Allah, Kami akan bantu dan mendukung kegiatan itu, agar pelajar bisa mengikuti UNBK hari ini hingga selesai” Ucap pelaksana harian manager PLN AREA BULUKUMBA H. Ambo Appe. (***BCHT)