413 Jamaah Calon Haji Bulukumba Ikut Manasik di Mesjid Agung

oleh
Calon haji bulukumba
Sebanyak 413 jamaah Calon Haji Bulukumba mengikuti manasik haji yang dipusatkan di Masjid Agung Bulukumba yang digelar mulai hari ini tanggal 5 sampai 24 Juli 2017.

Suara Lidik Bulukumba,- Persiapan musim haji tahun 2017 sudah memasuki tahapan Manasik Bimbingan Haji. Sebanyak 413 jamaah Calon Haji Bulukumba mengikuti manasik haji yang dipusatkan di Masjid Agung Bulukumba yang digelar mulai hari ini tanggal 5 sampai 24 Juli 2017.

Calon haji bulukumba
Sebanyak 413 jamaah Calon Haji Bulukumba mengikuti manasik haji yang dipusatkan di Masjid Agung Bulukumba yang digelar mulai hari ini tanggal 5 sampai 24 Juli 2017.

Kepala Kementerian Agama Bulukumba Muh Rasbi selaku Kepala Staf Urusan Haji menyampaikan selamat kepada jamaah calon haji, sebagai orang-orang yang terpilih untuk menunaikan ibadah haji untuk tahun 2017 ini. Dirinya juga meminta maaf di hadapan jamaah apabila selama pengurusan administrasi haji ada kekurangan yang didapatkan.

“Namun kita bersyukur alhamdulillah, pengurusan administrasi jamaah calon haji Bulukumba bisa lebih cepat selesai. Makanya jamaah Bulukumba berangkat melalui kloter 7” ujarnya saat memberikan laporan pengantar.

Muh. Rasbi menambahkan kalau pemberangkatan jamaah tidak cukup sebulan lagi. “Insya Allah jamaah kita akan meninggalkan Bulukumba pada tanggal 1 Agustus, jadi mohon persiapkan segalanya baik fisik maupun mental dalam menunaikan ibadah haji ini ” pintanya.

Dalam proses menunaikan ibadah haji ini, Rasbi menyebut para jamaah haji itu tidak berangkat haji, namun mereka diberangkatkan haji. Artinya para jamaah calon haji harus mengikuti sistem dan mekanisme yang telah ditetapkan, tidak bisa bertindak seenaknya dan harus mengikuti aturan.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang membuka acara manasik berharap kepada jamaah calon haji Kabupaten Bulukumba untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keikhlasan, baik selama berada di tanah air maupun di tanah suci nantinya.

“Jamaah haji kita ini juga membawa nama baik masyarakat Bulukumba dan bangsa Indonesia pada umumnya, sehingga kita berharap para jamaah dapat menjaga nama baik dan kehormatan tersebut dengan bersikap, bertutur kata dan bertingkah laku yang santun kepada sesama jamaah haji lainnya dari seluruh dunia” pinta AM Sukri Sappewali dalam sambutannya.

Dari data yang ada, jumlah terbesar jamaah calon haji adalah Kecamatan Ujung Bulu sebanyak 89 orang, dan yang terkecil Kecamatan Herlang dengan jumlah 13 orang. Adapun jamaah yang paling tua berasal dari Kecamatan Ujung Bulu bernama Andi Rahmah umur 82 tahun, dan jamaah paling muda dari Kecamatan Ujungloe bernama Rina Kurniasari umur 26 tahun. (ulla/bcht)