45 Kontingen Kwarcab Pramuka Bulukumba Ikuti Rainas XI Cibubur

oleh
Kwarcab Pramuka
Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba akan mengikuti dan mensukseskan pelaksanaan Raimuna Nasional ke 11 tahun 2017 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 14 sampai dengan 22 Agustus 2017

BULUKUMBA,SUARALIDIK.COM– Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba akan mengikuti dan mensukseskan pelaksanaan Raimuna Nasional ke 11 tahun 2017 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 14 sampai dengan 22 Agustus 2017. Sebanyak 45 anggota pramuka akan mewakili Kabupaten Bulukumba pada kegiatan nasional tersebut, yang terdiri dari peserta putra 13 orang, putri 13 orang, pembina 3 orang, serta peserta Galang Ajar atau pertemuan para pembina pramuka sebanyak 16 orang. Peserta putra dan putri tersebut berasal dari siswa SMA se-Kabupaten Bulukumba yang telah lolos seleksi.

Kwarcab Pramuka
Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba akan mengikuti dan mensukseskan pelaksanaan Raimuna Nasional ke 11 tahun 2017 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 14 sampai dengan 22 Agustus 2017

Sekretaris Kwarcab Pramuka Bulukumba, Abdul Rahman menuturkan jika kontingen pramuka akan bertolak ke Makassar pada tanggal 8 Agustus sekaligus menghadiri HUT Gerakan Pramuka Tingkat Provinsi dan pelepasan oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Esok harinya, lanjut Abdul Rahman rombongan menuju pelabuhan Makassar menuju Jakarta dengan menaiki kapal laut KM. Gunung Dempo.

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional. Kata Raimuna itu sendiri berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Sementara itu Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto yang melepas ke 45 kontingen tersebut menaruh harapan lebih besar kepada adik-adik peserta Rainas.

Ini adalah event nasional, anda sekalian membawa stempel Kwarcab Pramuka Bulukumba, sehingga adik-adik harus membawa dan memperlihatkan eksistensinya di sana” pinta Tomy yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba.

Para adik-adik Pramuka ini akan berinteraksi dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia, sehingga Tomy meminta mereka untuk tidak minder sebagai orang daerah, harus self confidence. Menurutnya, pengalaman selama ini menunjukkan apa yang telah dilatihkan oleh para wakil Bulukumba langsung hilang apabila berhadapan dengan pihak luar. Hal seperti ini kata Tomy harus dihilangkan di benak dan tindakan anak-anak pramuka, karena bagaimana pun para peserta ini adalah orang-orang pilihan yang menjadi duta Bulukumba.

“Anda adalah orang pilihan, anda harus menjadi tukang kampanye di sana, jelaskan apa itu Bulukumba dan potensi apa yang dimiliki Bulukumba” ujarnya memberikan motivasi di hadapan kontingen.

Tomy juga mengharapkan kepada para pembina atau kakak-kakak Andalan untuk senantiasa menuntun para adik-adik peserta, sehingga mereka tetap fokus pada kegiatan yang diikuti.

Pelepasan kontingen ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Wakil Bupati Bulukumba kepada Ketua Kontingen Muh Darwis, disaksikan oleh pembina dan perwakilan orang tua peserta Rainas. (HUMS/RED2)