534 Mahasiswa Unhas KKN di Bulukumba

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Sebanyak 534 mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata- Profesi Kesehatan (KKN-PK) Universitas Hasanuddin telah tiba di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan 12 Bus Damri.

Rombongan mahasiswa KKN-PK beserta pembina dan supervisornya diterima langsung oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali di Lapangan Pemuda, Kamis (6/7). Mahasiswa yang akan melaksanakan pengabdian ke masyarakat itu berasal dari lima fakultas dari Unhas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Fakultas Fisioterapi.

“Dari 534 mahasiswa ini, jumlah laki-laki 103 dan perempuan 431 orang, jadi perbandingannya satu banding empat, masing-masing desa kelurahan mendapatkan 9-10 mahasiswa” kata Ketua Pengelola KKN PK, dr. Irwin Aras saat menyampaikan laporannya.

Dalam pelaksanaan KKN di lapangan, lanjut Irwin, para mahasiswa diharapkan mampu membantu pemerintah dalam pembangunan daerah, khususnya di bidang kesehatan sebagai bagian integral dari pembangunan Indonesia.

Irwin juga meminta para mahasiswa untuk menjaga kehormatan, menjaga nama baik almamater Universitas Hasanuddin. Logo Unhas yang menempel di kanan depan rompi KKN harus tetap tegak saat berinteraksi dengan masyarakat.

AM Sukri Sappewali menyebut sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bulukumba, oleh karena pelaksanaan KKN Profesi Kesehatan Unhas ini dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba.

“Olehnya itu saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Bulukumba menyampaikan selamat datang kepada adik-adik/anak-anak kita, Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Universitas Hasanuddin di Kabupaten Bulukumba, daerah yang berjuluk Butta Panrita Lopi” ujar AM Sukri Sappewali saat memberikan sambutan

Dirinya sangat mengapresiasi pelaksanaan KKN ini, oleh karena kegiatan ini dapat menumbuhkan kepedulian sosial, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, utamanya dalam mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Bulukumba

“Kepada para Camat, khususnya para Kepala Desa dan Lurah, saya mengharapkan dapat menerima para adik-adik mahasiswa kita ini dengan baik. Berikan pembinaan, sehingga para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam melaksanakan program dan berinteraksi dengan masyarakat” pintanya.

Setelah prosesi penerimaan di Lapangan Pemuda, para kepala desa dan lurah, mengambil para mahasiswa sesuai apa yang telah ditentukan oleh Pengelola KKN PK untuk dibawa ke desa kelurahannya masing-masing.

Jumlah kecamatan yang menjadi lokasi KKN-PK sebanyak 5 kecamatan yaitu : Bontobahari, Bontotiro, Herlang, Bulukumpa dan Kindang. Para mahasiswa ini akan melakukan pengabdian selam kurang lebih dua bulan atau penarikan pada tanggal 18 Agustus 2017. (A3/RED 4)