54 Pejabat Bulukumba Termasuk yang di Nonjob Berebut Posisi Pimpinan 13 OPD Kosong

oleh

BULUKUMBA, SL – Seleksi lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk 13 jabatan yang kosong kembali berlanjut di Kabupaten Bulukumba. Selasa (1/7/17).

Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, sebanyak 54 pejabat eselon III mengikuti uji kompetensi lelang jabatan, mereka bersaing menduduki posisi Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II untuk 13 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lowong tersebut.

Pelaksana tugas BKPSDM Andi Ade Ariadi, mengatakan pelaksanaan tes dimulai dari pagi sampai sore hari, mengingat tes yang diikuti para pejabat tersebut terdiri dari tes tertulis, tes psikologi dan dinamika kelompok.

Adapun terkait tes wawancara, tambah Ade Ariadi akan dilaksanakan pada tanggal 2,3,4 Agustus oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) termasuk Sekretaris Daerah di Tanjung Bira.

“Iya sesuai keputusan tim pansel, tes wawancara dilaksanakan di Bira tepatnya di Hakuna Matata Resort, dengan pertimbangan agar para peserta dapat lebih konsentrasi dan fokus mengikuti tes. Dikhawatirkan jika dilaksanakan di kota, para peserta tersebut masih disibukkan dengan urusan kantornya,” ujarnya.

Saat ujian tes tertulis dilaksanakan, tampak Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto dan Sekretaris Daerah Andi Bau Amal, yang merupakan ketua pansel, ikut memantau jalannya ujiqn.

Seperti diketahui, pelaksanaan uji kompetensi ini dilaksanakan setelah turunnya rekomendasi kedua dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kepada pemerintah kabupaten Bulukumba.

Rekomendasi pertama berisi pada poin inti, untuk mengembalikan sejumlah pejabat yang di nonjob ke posisi semula dan membenahi beberapa proses mutasi sebelumnya yang dianggap keliru oleh KASN berdasarkan temuan saat melakukan penelusuran. Rekomendasi tersebut diabaikan Pemkab.

Kemudian secara gamblang, KASN kembali mengeluarkan rekomendasi kedua untuk melaksanakan tahapan proses seleksi. Hal ini mendapat sorotan dari beberapa pihak yang menilai KASN keliru.

“Tapi diantara para peserta itu, tampak pejabat yang pernah non job seperti Mangunjungi, Andi Alubru, dan Abdur. Rahman,” kata Andi Atatullah Ahmad, Kasubag Pemberitaan dan Pers Setkab Bulukumba.

Adapun 13 SKPD yang diperebutkan itu adalah: 1) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, 2) Dinas Komunikasi dan Informatika, 3) Dinas Sosial, 4) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 5) Badan Pendapat Daerah, 6) Dinas Pemuda dan Olahraga, 7) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, 8) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 9) Dinas Ketahanan Pangan, 10) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana, 11) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 12) Kantor Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, 13) Inspektorat.