55 Desa Se-Kabupaten Sinjai Hadiri Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat

oleh
Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, jumat

Suara Lidik Sinjai – Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang dihadiri camat dan 55 Desa se-kabupaten Sinjai, Jumat (26/5).

Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, jumat 26 Mei 2017

Sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) ini dibuka langsung oleh Asisten II, dr.Hj.Nikmat B.Situru,M.AP yang mewakili Bupati Sinjai.

Jasman Kurnia Tenaga Ahli Pamsimas selaku narasumber hadir menyampaikan materi tentang implementasi program pamsimas III dan target akses universal air minun dan sanitasi (2016-2020).

Ia menjelaskan bahwa lokasi prioritas kegiatan pengembangan SPAM adalah kab/kota memiliki akses air minum rendah untuk pemenuhan SPM (standar pelayanan minimal).Dimana amanat undang-undang nomor 17 tahun 2007 tentang RPJP 2005-2025, Indonesia menargetkan 100 persen akses aman terhadap air minum dan sanitasi pada tahun 2019.

“Fokus pembangunan SPAM untuk PAMSIMAS III adalah 27.000 desa di 33 provinsi dimana terdapat 15.000 desa baru dan 12.000 desa keberlanjutan yang bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota”,jelasnya.

A.Ikha Fajarwati, ST, MT Kasubid.Infrastruktur, Penataan Ruang dan Komunikasi Bidang Infrastruktur dan Ekonomi BAPPEDA menjelaskan bahwa terdapat dua belas desa yang tidak hadir/tidak diundang karena telah mendapatkan bantuan untuk program tahun ini,sementara yang diundang hari ini untuk persiapan bantuan tahun depan.(dhea/ancy/bcht)