6 Desa Di Bolmut Ini Terima 60 Ekor Sapi Dari Pemda Bolmut

oleh -198 views
Zulkan Pohontu, Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Bolmut. // Foto : Chandriawan Datuela.

BOLMUT, SuaraLidik.Com – Sebanyak 60 ekor sapi ternak diberikan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kepada enam kelompok peternak pada November tahun 2019 ini.

Enam kelompok peternak itu tersebar di enam desa diantaranya, Desa Bigo Selatan, Inomunga, Bolangitang I, Sonuo, Tanjung Buaya dan Desa Jambusarang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Bidang Peternakan Zulkan Pohontu, pada Dinas Pertanian Bolmut, yang ditemui diruang kerjanya, Senin (25/11/2019) jika tahun ini ada 60 ekor sapi yang diserahkan kepada enam kelompok peternak di Bolmut.

“Pemerintah Daerah telah menganggarkan 480 juta untuk pembelian 60 ekor sapi di tahun 2019 ini, setiap ekornya seharga 8 juta. Diberikan kepada enam kelompok peternak yang terbagi di enam desa”, terangnya

Menurutnya, rata-rata setiap kelompok peternak mendapatkan 10 ekor sapi betina.

“Disamping bantuan ternak, kami juga memberikan HPT (Hijauan Pakan Ternak) kepada kelompok peternak berupa rumput gajah, kemudian disediakan pula UPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) agar kotoran sapi bisa dimanfaatkan untuk lahan pertanian”, ungkapnya

Dia pun menambahkan jika, untuk tahun 2020 pihaknya telah mengusulkan 30 ekor sapi ternak.

“Untuk pengadaan sapi tahun depan akan diprioritaskan bagi kelompok peternak dan desa yang belum mendapatkan bantuan ini”, tutup Pohontu. (***chan)