7 Poin Rekomendasi II Dikeluarkan FPG Usulan “Karaeng Galesong” Sebagai Pahlawan Nasional

oleh -399 views
Foto : Tampak “Sombayya Ri Gowa” I Maddusila A. Ijo Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II (berdiri tengah), Husain Karaeng Maro, S.Pdi Ketua FPG (batik kuning), dan Jamaluddin Ago,S.Ag Sekretaris FPG (baju putih) saat foto bersama dan Emal Situru Wakil Sekretaris/Salah satu Pendiri FPG (Batik cokelat)

Takalar, Suaralidik.com – Pasca dialog Forum Pemerhati Galesong (FPG) dan Pasca Seminar Nasional di Makassar, terkait dengan Pengusulan I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong” sebagai Pahlawan Nasional Sekretaris FPG dalam postingannya di akun Facebook miliknya mencatat ada 7 rekomendasi pasca kegiatan Seminar.

Rekomendasi II Forum Pemerhati Galesong ( FPG ) untuk pengusulan I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong” sebagai Pahlawan Nasional, menghasilkan beberapa rekomendasi yaitu :

  1. Hendaknya fokus meneliti dan mengkaji untuk menemukan fakta sejarah sebagai inti jawaban guna membantah alasan Departemen Sosial RI Tahun 2009 dan Kemensos RI Tahun 2011, yang menduga bahwa “Karaeng Galesong” pernah menyengsarakan rakyat disekitar pantai utara Jawa Timur dan pernah melakukan perjanjian Belanda.
  2. Soal nama apakah I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong” sejatinya tidaklah penting untuk diperdebatkan dan dipertentangkan, karena Pemerintah Republik Indonesia telah mengakui bahwa “Karaeng Galesong” I Mannindori I Kare Tojeng dan I Manninrori I Kare Tojeng adalah orang yang sama.
  3. Pemerintah Kabupaten Takalar harus aktif dan masif menggalang dukungan seluruh stackholder khususnya kalangan Raja-Raja Se-Nusantara.
  4. Pengajuan nama I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong” sebagai Pahlawan Nasional dengan tidak mengabaikan fakta bahwa pernah berjuang melawan VOC hingga ke Tanah Jawa dan ini didukung oleh referensi yang banyak di Nusantara ini.
  5. Masyarakat Takalar hendaknya mennyatukan komitmen bersama dan menghentikan seluruh Polemik dan Perdebatan terbuka di ruang publik khususnya media sosial.
  6. Apresiasi dan penghargaan kepada “Sombayya Ri Gowa” I Maddusila A. Ijo Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II yang telah nyatakan sikap terbuka, Kesatria dan Bijak mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Takalar dibawah kepemimpinan H. Syamsari,S.Pt.,MM dan H.Achmad Daeng Sere,S.Sos.
  7. FPG terus mendorong Pemerintah Kabupaten untuk berupaya maksimal dengan target I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong” mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional serta dapat disematkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada upacara peringatan “Hari Pahlawan” yang jatuh pada tanggal 10 November 2018 mendatang.

Editor : Kemal/Rey Seeker