9 Orang Narapidana Rutan Pangkajene Jalani Tes Narkoba

oleh

Pangkep, Suaralidik.com – Sebanyak 9 Narapidana Rutan kelas II.B Pangkajene Kecamatan Bungoro, kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) sedang menjalani tes narkoba di ruang pelayanan tahanan hal ini merupakan mekanisme yang harus dilalui oleh warga binaan sebelum mendapat usulan bebas bersyarat di rutan kelas IIB pangkajene Senin (16/7/2018).

Tampak 9 Narapidana Rutan Pangkajene Saat Tes Narkoba

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Pangkajen Ashari, A.Md IP, SH, M.Si menyebut ada sekitar 134 warga binaan kasus Narkotika dan 126 warga binaan yang bukan kasus narkotika yang kita bina ditempat ini namun pihak kami hanya melakukan pemeriksaan kepada warga binaan yang hendak di usul bebas bersyarat dan yang terindikasi melakukan penggunaan narkotika saja.

“Karena keterbatasan alat tes urine, jadi kita lihat yang berpotensi saja dari 134 warga binaan kasus Narkotika dan 126 warga binaan yang bukan kasus narkotika. Setiap yang terindikasi menggunakan narkotika dan yang akan diusul bebas bersyarat pasti akan dilakukan dites urin terlebih dahulu,” ujar Ashari.

Nantinya, bila ada narapidana/ tahanan yang postif narkoba pihaknya akan menyerahkan ke Polsek Bungoro untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tes urin ini dilakukan untuk mencegah adanya peredaran narkoba di Rutan Pangkajene.

“Nanti kita lihat hasilnya, kalau ada yang terbukti kita serahkan ke Polsek Bungoro untuk ditindak lanjuti. Kita juga mendukung para penegak hukum jika ada narapidana yang terlibat untuk diperiksa. Termasuk sipir yang bertugas kalau terbuki, tidak ada toleransi,” tegasnya.

Sementara itu Kasubsi Pelayanan Tahanan, Lukman S.Sos, MM mengatakan tes narkoba ini merupakan salah satu bentuk pengawasan yang kami lakukan untuk memastikan tidak ada penggunaan narkoba di kalangan narapidana yang akan mendapatkan hak bebas bersyarat.

“Kami memang perlu mamastikan bahwa warga binaan yang diusulkan bebas bersyarat betul-betul telah menunjukkan kesadaran dan perkembangan kepribadian yang lebih baik, sebab jika ada temuan dari narapidana yang akan di usulkan bebas bersyarat pasti akan kami proses untuk di register F dan akan kami laporkan ke pihak kepolisian katanya,

Kata dia, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya kasus penggunaan atau peredaran narkoba yang melibatkan narapidana di Rutan Kelas IIB Pangkajene. (86-KP)