9 Warga Di Gorontalo Digigit Anjing Diduga Terinfeksi Rabies

oleh -

Foto : Ajing yang diduga rabies menggigit tangan seseorang,(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Naas, 9 warga di 3 kelurahan kecamatan Limboto kabupaten Gorontalo digigit anjing yang diduga terinfeksi virus rabies, pada Rabu 19/06/2019.

Salah satu korban dengan inisial DS (26), warga kelurahan Hepu Hulawa Kecamatan Limboto kepada awak media menceritakan awal mula dirinya diterkam oleh anjing tersebut.

“Saya sementara akan mengambil handuk didepan rumah, pas mau balik ke dalam rumah, tak taunya langsung diterkam oleh anjing tersebut tampa sepengetahuan saya,”tutur DS.

Setelah digigit, DS berteriak dan menendang anjing tersebut. Suami DS yang saat itu sedang memanasin mobil didepan rumah, kaget mendengar suara isrtinya dan langsung keluar dari mobil.

“Setelah saya tendang, anjingnya lari kedepan dan akan menerkam suami saya. Oleh suami, anjing itu ditendang, tak sempat mengejar anjingnya keburu lari. Tak beberapa lama saga menerima informasi katanya ada dua warga lagi yang mengalami hal yang sama”,tutur DS.

“Tetangga yang mengetahui kejadian itu langsung mengejar anjing tersebut. Setelah berhasil ditangkap anjingnya dipengal kepalanya”.sambung DS.

Ditempat terpisah, Kepala Puskesmas Limboto Ismail Akase melalui Perawat Berbie Rifai menuturkan, ada 9 warga menjadi korban digigit anjing tersebut. Diantanya DS (26), SN (06), AR (15), SR (66), RP (32) warga Kelurahan Hepu Hulawa, dan RI (18), HA (29), NL (14), warga Dutulunaa, serta MM (36) warga Kayu Bulan kecamatan Limboto.

“Ke 9 warga yang digigit tersebut terdiri dari anak-anak, orang dewasa dan 1 lansia. Untuk menghindari rabies, para korban telah divaksinasi”,tutur Berbie kepada awak media, Kamis 20/06/2019.

Sementara untuk vaksinasi sendiri Berbie mengatakan, akan dilakukan sebanyak 4 kali jika positif rabies. Jadwal vaksin diantaranya hari pertama sebanyak 2 kali suntikan, hari ke 7, dan dihari ke 21.

“Untuk memastikan bila itu positif rabies, pihak peternakan hewan telah mengambil sampel untuk diperiksa dilaboratorium”,kata Berbie.(***Rollink).