Ada Oknum Disinyalir Bermanuver Ke Demokrat Dan Gerindra Agar JWS Tak Ikut Pilkada

oleh

Manado, SUARALIDIK.COM, – Pasca keluarnya rekomendasi surat keputusan (SK) PDI Perjuangan berupa mandat dukungan kepada Royke O Roring (ROR) beserta Robby Dondokambey (RD) sebagai calon bupati dan wakil bupati Minahasa periode 2018 sampai 2023 mendatang.

Sedikit banyak membuat masyarakat apalagi civitas akademis kebingungan, akibat tidak terakomodirnya Petahana yang juga ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS).

Padahal menurut rilis survei terakhir Indo Barometer pada tanggal 6 sampai 10 Desember 2017, dari presentase dengan simulasi pertanyaan terbuka terhadap calon bupati Minahasa Sang Petahana JWS masih unggul cukup jauh dibanding rival – rivalnya.

Berikut ini uraiannya:

– Pilihan Calon Bupati
(Pertanyaan Terbuka)

1. Jantje W Sajow 41,5%
2. Ivan SJ Sarundajang 3,3%
3. Carieg N Runtu 2,8%
4. Hangky Arther Gerungan 2,2%
5. Royke O Roring 0,8%
6. Ferry MKA Wowor 0,3%
7. Jeffrey R Korengkeng 0,2%
8. Mecky M Onibala 0,2%
Tidak Tahu/Tidak Menjawab 48,8%

– Simulasi 8 Nama
(Pertanyaan Tertutup)

1. Jantje W Sajow 65%
2. Ivan SJ Sarundajang 8%
3. Careig N Runtu 4%
4. Hangky Arther Gerungan 3,5%
5. Mecky M Onibala 1,3%
6. Djenri A Keintjem 0,5%
7. Robby Dondokambey 0,2%
8. Youla L Mantik 0%
Rahasia 0,5%
Belum Memutuskan 15,8%
Tidak Tahu/Tidak Menjawab 1,2%

– Simulasi 6 Nama
(Pertanyaan Tertutup)

1. Jantje W Sajow 66,5%
2. Ivan SJ Sarundajang 8,5%
3. Hangky Arther Gerungan 3,8%
4. Mecky M Onibala 1,2%
5. Robby Dondokambey 0,2%
6. Youla L Mantik 0%
Rahasia 0,5%
Belum Memutuskan 18,5%
Tidak Tahu/Tidak Menjawab 0,8%

– Simulasi 4 Nama
(Pertanyaan Tertutup)

1. Jantje W Sajow 62,8%
2. Ivan SJ Sarundajang 15,7%
3. Djenri A Keintjem 0,5%
4. Robby Dondokambey 0,5%
Rahasia 0,5%
Belum Memtuskan 19,5%
Tidak Tahu/Tidak Menjawab 0,5%

– Simulasi 3 Nama
(Pertanyaan Tertutup)

1. Jantje W Sajow 66,2%
2. Ivan SJ Sarundajang 12%
3. Mecky M Onibala 1%
Rahasia 0,5%
Belum Memutuskan 20%
Tidak Tahu/Tidak Menjawab 0,3%

Sementara itu, Praktisi Politik Unsrat Dr Ferry Daud Liando SSos MSi saat diwawancarai Suaralidik.Com beranggapan, tanpa mengenyampingkan dinamika politik di lima daerah lain, namun tampaknya Pilkada di Minahasa sangat menarik untuk disimak. Minggu (7/1/2018)

Namun, Salah satu yang menarik adalah dinamika yang terjadi di internal PDI Perjuangan. Partai yang mengoleksi kader – kader berkualitas dan sangat jelas menguntungkan, disatu sisi begitu banyaknya kader potensial menyebabkan proses pengambilan keputusan internal cenderung berliku – liku.

Sebab itu, sebagian kader militan PDI Perjuangan sepertinya ingin menghajar Konstalasi. Sikap politik seperti ini tentu tidak semua pihak yang diuntungkan.

Padahal, sepertinya ada sebuah skenario yang cenderung melumpuhkan JWS dalam kompetisi Pilkada di Minahasa. Indikasinya adalah penetapan pasangan calon pada saat last minute pendaftaran bakal calon. Fenomena ini sama persis seperti di Jatim.

Lanjut Liando, menjelang pendaftaran bakal calon yang berpasangan dengan Gus ipul mengundurkan diri menjelang penutupan pendaftaran. Kondisi ini akan sangat menyulitkan Gus Ipul untuk mencari pendamping, yang diusulkan sebagai pengganti, yaitu Tri Risma walikota Surabaya tidak bersedia.

Selepas itu, jika pada akhirnya bukan JWS yang di calonkan PDI Perjuangan. Maka akan kesulitan bagi untuk mencari tiket pencalonan karena hampir semua parpol sudah dikapling Calon lain.

Sehingga, jalur perseorangan tidak mungkin lagi karena sudah ditutup. JWS bukan hanya tidak dicalonkan, namun juga ada dugaan sengaja tidak diberi kesempatan mencalonkan diri.

Menurut orang terdekat yang turut mendampingi JWS di Jakarta, ada skenario yang ingin menghalangi bapak JWS untuk lolos ke Pilkada.

“Disinyalir ada oknum kepala daerah notabenya ditugaskan khusus ke Jakarta untuk melakukan manuver serta penetrasi ke Partai Gerindra kemudian Demokrat, agar tidak mengakomodir bapak JWS.

Drama pun belum berakhir, Save Demokrasi Dan Save JWS,” tutur orang terdekat JWS yang tak ingin identitasnya dipublikasikan. (DeonYW/Kemal)