Adanya Oknum Suster Gadungan, DPRD Bakal Undang Disdukcapil Gorut

oleh -
Ridwan Riko Arbi
Foto : Anggota DPRD Gorut, Ridwan Riko Arbi, (foto Istimewa).

GORUT, Suaralidik.com – Tak terima dengan ulah oknum Pegawai Tidak Tetap (PTT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) yang menyamar menjadi suster gadungan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berencana akan mengundang Disdukcapil untuk dimintai keterangan.

“Ini sangat memalukan, harus ada yang bertanggungjawab apa lagi ada biaya yang dibebankan ke masyarakat. Saya selaku anggota DPR akan melaporkan secara resmi ke komisi 1untuk mengundang OPD yang melaksanakan tehnis tidak sesuai dengan tupoksinya,” tegas anggota DPRD Gorut, Ridwan Riko Arbi, kepada media ini, Senin 10/02/2020.

Menurut Ridwan, secara global penyelenggaraan pemerintahan di Gorut sudah diplot ke masing-masing OPD sesuai tehnis pelaksanaan penyelanggara pemerintahan. DPRD dan pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas kejadian yang terjadi dilingkup pemerintah Gorut.

“Secara tehnis  yang bertanggung sebagai pelaksana Sekda bersama OPD, kita bicara regulasi masing-masing OPD mengolah secara tehnis. Salah satu contoh capil, tupoksinya hanya pendataan atau dokumen kelompok maupun person tapi ada temuan masalah pengambilan sampel darah yang katanya akan dimuat untuk e-KTP,” jelas Ridwan.

“Saya akan menyampaikan ke komisi 1 sebagai mitra Dukcapil, itu tidak bisa dilakukan karena itu ranah l kesehatan bukan Capil. Saya merasa bertanggung jawab atas prihal yg dilakukan oleh Capil. DPRD diberikan hak untuk melahirkan suatu rekomendasi kalau ada OPD yang tidak sesuai dengan tupoksi,” tutur Ridwan.(TR/04).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60