Agus Bustami ; BNP2TKI Berubah Menjadi BP2MI

oleh -
Logo PNG BNP2TKI berubah menjadi BP2MI
Perubahan nama BNP2TKI menjadi BP2MI, BP3TKI Makassar menjadi BP2MI Makassar

Kota Makassar, suaralidik.comBadan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) berganti nama menjadi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Makassar Moch Agus Bustami di Grand99 dalam kegiatan Sosialisasi Penempatan Tenaga kerja Ke Luar Negeri Prosedural,Rabu (11/12/2019) lalu.

Agus Bustami mengatakan pengubahan nama itu merujuk kepada UU No.18/2017 tentang Pekerja Migran Indonesia.

“Perubahan nama dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) terdapat dalam UU No.18/2017 tentang Pekerja Migran Indonesia, sehinggga menjadi BP2MI” jelas Agus Bustami.

Lebih lanjut dikatakannya jika dalam BP2MI akan terdapat hal-hal baru yang diatur. Seperti area PMI bekerja tidak hanya yang bekerja di darat tetapi yang bekerja di laut seperti anak buah kapal (ABK).

Kemudian instasi yang terlibat dalam penempatan dan pelindugan PMI tidak hanya pemerintah pusat dan swasta tetapi juga pemerintah daerah.

“Kemudian cakupan layanannya tidak hanya dengan calon PMI dan PMI saja tetapi juga sampai keluarganya,” tambah Agus.

Senada dengan Plt Kepala BNP2TKI Tatang Budie Utama Razak pada saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di DPR, Jakarta, Senin (4/11/2019)

BP2MI nanti akan lebih banyak menempatkan PMI yang terampil dan profesional, BP2MI juga akan berupaya menurunkan jumlah PMI yang memiliki kategori tingkat rendah seperti asisten rumah tangga dan berisiko tinggi.

Perubahan Logo BNP2TKI menjadi Logo BP2MI Png

Tidak hanya perubahan nama dari BNP2TKI menjadi BP2MI tetapi logo BNP2TKI juga ikut berubah.

” Logo BNP2TKI sekarang berubah, sebentar saya kirimkan logonya” ucap Agus bustami melalui Whatsapp miliknya, Senin (3/2)

Hasil browsing, Perubahan logo BNP2TKI bahkan sudah mulai beredar di media sosial dan bahkan situs resmi BNP2TKI sudah mengupload Logo BP2MI PNG.

BP3TKI Makassar BP2MI Makassar

Perubahan nama BNP2TKI wilayah dari BP3TKI Makassar menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Wilayah Makassar atau UPT BP2MI Makassar.

“Khusus BP3TKI Makassar, sekarang berubah menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Wilayah Makassar,” Tutup Agus

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 90 Tahun 2019, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia berganti nama menjadi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) per 1 Januari 2020. (***DRWS)

HUT Kabupaten Pinrang Ke-60