banner 728x250

AHP : CTKI & TKI Asal Bulukumba Akan Mendapat Perhatian Khusus Dari Pemerintah

  • Bagikan
Andi hamzah pangki - CTKI dan TKI - Pilkada Buluumba 2020
Kampanye Dialogis Andi Hamzah Pangki di Kecamatan Kindang, Rabu (14/10/2020)

Bulukumba, suaralidik.com – Persoalan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri seperti ke negara Malaysia, Timur tengah dan lainnya rupanya tak luput dari perhatian H. Andi Hamzah Pangki.

Ia menilai bahwa salah satu masalah sosial yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) maupun TKI yang sudah berada di luar negeri asal daerah Bulukumba.

banner 728x250

Menurut AHP, tidak sedikit CTKI di daerah Bulukumba yang ditempatkan secara Ilegal (Non Prosedural) ke negara malaysia oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

CTKI bahkan tidak sadar kalau dirinya diperjualbelikan di negara jirang itu.

“Saya juga pernah menerima aduhan seperti ini, salah satunya ada TKI meninggal dunia di Malaysia namun setelah dicek ternyata Ia tidak terdaftar di sisko BP2MI sebagai TKI dan bahkan perusahaan yang menempatkan juga tidak jelas dari perusahaan mana”, kata AHP pada kampanye dialogisnya di Kecamatan Kindang pada Rabu (14/10/2020)

Lebih jauh dijelaskannya, proses penempatan TKI sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Dalam undang-undang itu, bahkan Pemerintah desa juga memiliki peran dalam proses penempatan CTKI. Tentunya sosialiasi juga harus terus dilakukan.

“Kepala Desa wajib mengetahui warganya yang akan diberangkatkan ke luar negeri sebagai TKI, karena ini juga diatur dalam UU No 18 thn 2017 itu”, lanjut AHP dengan semangat saat merespon salah satu pertanyaan masyarakat tentang TKI.

Deportasi PMI atau TKI Pinrang dari Malaysia
Dokumentasi : Suasana pelabuhan Nusantara Parepare pada 5 juni 2020 yang dibanjiri dengan TKI deportan dari Negara malaysia

Pasangan calon Bupati Bulukumba AHP dengan Hj.Andi Murniati Makking faham dengan kebutuhan masyarakat. Ia bahkan sudah mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah sosial khususnya CTKI dan TKI.

“Insya Allah jika terpilih sebagai Bupati Bulukumba, Kami akan memberikan perhatian khusus kepada para CTKI yang akan diberangkatkan begitupun TKI yang ada di luar negeri. Mereka takkan luput dari perhatian pemerintah sebagai pahlawan devisa”, lanjutnya.

Sinergitas dengan Instansi terkait seperti BP2MI, Satgas TKI, Perusahaan TKI resmi, Pemerintah Desa, Omas, BLK dan lainnya mampu memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap CTKI di daerah Bulukumba.

“Salah satu contoh, Ada anakta ingin bekerja di Negara Timur Tengah sebagai Perawat, pemerintah di sini akan hadir memberikan pelayanan dan dukungan kepada anakta’ itu sehingga cita-citanya terwujud sebagai TKI di negara tujuan”, simple AHP.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat di Kindang, Amir Azis menjelaskan kalau calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang akan maju Pilkada Serentak harus mampu melakukan pemetaan kebutuhan masyarakat saat ini.

Baca Juga : Bukti Dukungan Terus Mengalir Ke HM21 , AHP Sasar Kembali Kec. Kindang

“Pemetaan ini sebuah langkah dalam mengkaji sejauh mana peluang dan kans yang dimiliki oleh calon untuk dipilih nanti. Jadi harus paham betul kebutuhan masyarakat di era sekarang ini, salah satu contoh di Kindang ini tidak sedikit TKI yang bekerja di Malaysia namun pemberangkatannya tidak jelas melalui perusahaan apa dan bahkan itu belum tentu sesuai dengan prosedur pemerintah” terang Amir. (*RSWN)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *