Akibat Cuaca Ekstrim, Evakuasi 6 Nelayan Pohuwato Hanyut di Teluk Tomini Terganggu

oleh -0 views
Tim SAR dan BPBD
Foto : Tim SAR dan BPBD Pohuwato sedang bersiap-siap melakukan evakuasi ke 6 nelayan yang hanyut di Teluk Tomini,(foto Istimewa).

POHUWATO, Suaralidik.com – Akibat cuaca buruk, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pohuwato bersama Tim SAR Gorontalo kesulitan mengevakuasi 6 nelayan asal kecamatan Wanggarasi saat ini terombang-ambing di perairan Teluk Tomini.

Perahu yanga ditumpangi 6 nelayan masing-masing Aswin Madu (36), Wani Madu, Roy Abdul, yang merupakan Warga Desa Yipilo, beserta 3 nelayan lainya, Ka Tumu, Ka Jabi, serta Aten yang merupakan warga Desa Wanggarasi Timur, dihantam ombak besar, pada Minggu 12/01/2019.

“Seharusnya proses evakuasi dilakukan usai kami mendapatkan laporan. Namun karena ombak besar, ditambah cuaca ektrem dan mengancam keselamatan tim penyelamat, sehingga proses evakuasi nanti dilanjutkan besok hari, Senin 13/01),” kata Kapala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato Ramon Abjul, saat dihubungi media ini melalui telepon seluler.

“Tapi posisi dan kondisi ke 6 nelayan ini sudah kita ketahui. Mereka sudah mengirimkan pesan dan foto kepada kami. Hanya memang tim evakuasi kita belum bisa bergerak karena tinggi ombak mencari 3 meter,” lanjut Ramon.

Dirinya mengungkapkan, melalui sambungan telepon seluler salah satu korban, tim evakuasi yang tersebar di beberapa titik terus melakukan pemantauan terhadap kondisi ke 6 nelayan tersebut.

“Ada beberapa tim yang terdiri dari Anggota BPBD dan Basarnas yang dibantu TNI-Polri, secara intens memonitor kondisi korban.   Serta siaga di posko Pelabuhan Penyeberangan Marisa , maupun di pantai Wanggarasi,” tutup Ramon,(Hitler).