Aksi Puluhan Mahasiswa Warnai Pelantikan Anggota DPRD Boltim

oleh -1 views
Aksi
Foto : Kolaborisi puluhan mahasiswa mengelar aksi dan prosesi pelantikan anggota DPRD Boltim,(foto istimewa).

BOLTIM, Suaralidik.com – Usai pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Boltim, priode 2019-2024, diwarnai aksi demo oleh puluhan Mahasiswa dari Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Timur (KPMIBT), pada hari Senin, (16/9/2019).

Selaku Kordinator Lapangan (Korlap), Haikal Mokoagow dari KPMIBT, menuntut enam poin skala prioritas permintaan masyarakat Boltim.

“Kami minta kepada anggota DPRD yang batu dilantik, agar ada pembangunan asrama mahasiswa, selama ini belum adanya asrama tempat tinggal mahasiswa khusus Boltim. Kedua mengenai taransparansi angaran beasiswa mahasiswa Boltim, kami menilai pemerintah dan dewan tidak taransparansi dalam perekrutan mahasiswa dalam bantuan angaran beasiswa bagi pendidikan,” ucap lantang Korlap.

Selanjutnya, kami menuntut segera buat Ranperda mengenai sampah. pengelolaan sampah tidak ada, banyak sampah berserakan di jalan, selain itu pembuatan tempat pembuangan akhir (TPA). penyedian truk sampah saja belum ada, dan Bank sampah. Kami juga pertegas tentang memotong perjalanan dinas anggota dewan (Perdis).
Ada informasi ketambahan 10 M untuk perdis, ini untuk apa ?, kami minta apa yang akan di buat harus ada asas manfaatnya bagi masyarakat. Dan terakhir mengenai pembebasan lahan HGU, penting pembebasan Lahan , jangan sampai masyarakat yang di buat tumbal, masyarakat terancam , tidak ada kepastianya sampai sekarang,” pintanya.

Kami menutut semua itu, kata Korlap, ini tidak ada interfensi dari siapa siapa, kami tidak ada kepentingan sendiri, ini murni dari permintaan masyarakat, mengawal aspirasi masyarakat.

“Mana anggota DPRD Boltim yang baru, ? ini dari 20 angota Dewan yang dilantik hanya 5 saja yang hadir, kemana mereka, jangan jangan, hanya ingin dilantik tapi tidak ingin bekerja,” katanya.

Aksi mereka di sambut baik oleh Anggota DPRD Boltim yang baru saja dilantik, dalam hal ini, Ketua Dewan Fuad Landjar SH, menerima di ruang rapat DPRD.”Ini adalah pengalaman pertama saya dan kami di sini, ini energi positif bagi kami yg baru saja dilantik, agenda momentum bersejarah bagi kami yang baru saja dilantik,” ujar Ketua Dewan Fuad.

Ini teringat masa lalu saya waktu kuliah, saya namakan anda adik” mahasiswa sebagai parlemen jalanan, saya apresiasi giat teman” ini,

Lanjutnya dari beberapa poin tuntuntan adik adik mahasiswa, alhamdulillah masisswa telah menginggatkan kami , apa terlebih anggota dewan priode 2014 dan 2019 baru saja berakhir pasti telah mengerjakanya.

“Mari kita kawal bersama pembangunan yang ada di Boltim. Kami bersama rakyat, mengemban amanah rakyat, dukung kami bekerja, kami menerima semua usulan ini, kami akan mengawalnya, makanya kami minta waktu selama tiga bulan kami akan evaluasi dan segera laksanakan permintaan masyarakat ini. Tidak hanya itu yang harus kita perjuangkan, Ada banyak lagi jadi perjuangan kami, KIS BPJS, pendidikan, kesehatan dan lain lain yang terpenting di Boltim ini” pinta Fuad.

Senada yang dikatakan Samsudin Dama Anggota Dewan 2 priode ini mengatakan kami tidak alergi demo, kritikan. “Kami akan menerima tuntutan adik adik, hanya saja jika itu postif dan kritikan membangun. Kami anggota dewan adalah wakil rakyat , bahasa akrabnya budaknya rakyat, pelayan masyarakat,” kata Samsudin.

Angota dewan lainya, Muhamad Jabir juga berpendapat terimakasih adek adik, kami telah terima dan di cermati, kami juga akan cepat menyerap aspirasi dan tuntutan masyarakat ini.

“Dari tuntutan ini, untuk pembuatan asrama mahasiswa, lihat data base jumlah mahasiswa yang kuliah di luar, seperti di Manado, Gorontalo, atau se-Sulut, agar kita bisa buat perencanaan sampai pembuatan asrama mahasiswanya. Sedangkan untuk masalah sampah, menurut saya itu gampang saja. Kita akan kerja sama dengan pengelola limbah sampah, dan buat pengelolaan sampah. Namun sejauh ini kamin dan Pemkab terkendala di tata ruang RT/RW, membangun harus sesuai prosedur, angaranya sudah siap, tapi lokasi awalnya di dodap, namun tidak sesuai RT/RW lokasinya, maka kami berupaya mengadakan lokasinya,” ungkap Jabir.

Sementara itu, Argo samiku juga anggota Dewan dua priode mengatakan, untuk perjalanan dinas kami, pasti kita juga tidak akan melakukan kegiatan yg tidak ada gunanya dan merugikan masyarakat.

“Saya sudah dua priode di dewan, saya selalu perjuangkan hak rakyat. Tentang HGU juga kami akan kawal, juga perjuangkan. Dan ingat Dewan dan pemkab sepakat untuk beasiswa akan kami berikan 500 orang beasiswa, dan kami berupaya semuanya yang di boltim akan tercafer dalam beasiswa , pendidikan penting dan itu prioritas kami,”tegas Argo.(Bob).