Alhamdulillah, DPD PKS Bolmut Penuhi Syarat Verifikasi Faktual KPU

oleh

Bolmut – Suaralidik.com, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bolaang Mongondow utara (Bolmut), mengaku telah memenuhi syarat untuk menjadi partai politik (parpol) peserta Pemilu pada tahun 2019 nanti, setelah mengikuti proses verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong Utara, pada Rabu (31/1/2018) oleh KPU di Kantor DPD PKS Bolmong Utara, di Jalan Trans Sulawesi, Desa Kuala Utara, tepatnya di Kompleks pertamina , Kecamatan Kaidipang, dimulai pukul 14.00 Wita.

Verifikasi itu dihadiri langsung oleh seluruh pengurus DPD PKS, tim Bawaslu Bolmong Utara dan tim verifikator KPU Bolmong Utara.

Ketua Umum DPD PKS Bolmong Utara, Aktrida Datunsolang, ST lewat Sekretaris Umumnya Andi Baso Ryadi Mappasulle berterima kasih kepada KPU Bolmong Utara yang datang untuk melakukan verifikasi bersama Bawaslu dan jajarannya.

Sesuai persyaratan yang diminta tim verifikator KPU, PKS Bolmong Utara, Alhamdulillah semua terpenuhi .

“Alhamdullilah PKS Bolmong Utara sudah memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan pemilu 2019 nanti,” ungkap Andi. Baso.

Sekretaris Umum DPD PKS Bolmong Utara dua Priode ini, mengatakan Untuk PKS Bolmong Utara, dari 8 orang pengurus, terdapat 5 yang masuk keterwakilan dari perempuan, atau sudah melebihi keterwakilan perempuan dari 30% yang diminta.

Sekretaris DPD PKS Bolmut : Andi Baso

“Setelah verifikasi ini, tentu saja kami akan melakukan proses rekrutmen calon anggota DPRD Kabupaten.Dan ini pendaftaran gratis tidak dipungut biaya apapun, karena menyangkut hajat hidup Daerah Bolmong Utara yang kita cintai,” tegasnya.

Sementara itu KPU Bolmut telah menggelar verifikasi sejak Selasa (30/1/2018) dimulai dengan Partai Persatuan Pembangunan ( PPP).

Adapun hasil verifikasi ini akan diserahkan pada tanggal 7 Februari mndatang. “Kita akan menyerahkan hasilnya pada tanggal 7 Februari, kemudian nanti akan ada lagi perbaikan jika belum memenuhi syarat.

Hal tersebut menurut PKPU Nomor 5 tahun 2018. Jadi ada perubahan tahapan PKPU Nomor 7 tahun 2017, tahapan yang masuk diverifikasi”, jelas Pokja Verifikasi M.A. Pandiaalang.

Ditempat yang sama Ketua KPUD Bolmong Utara, Faisal Husin S.Pd, mengatakan bahwa pada tahap verifikasi tingkat kabupaten ini, KPUD akan mengecek sejumlah aspek. Yakni mengecek kesesuaian lokasi kantor partai yang bersangkutan dengan alamat yang diserahkan kepada KPU saat pemberkasan.

KPU lalu akan mencocokkan kondisi fisik anggota partai dengan dokumen identitas yang diberikan kepada KPU. KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA). KPU akan mengecek keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat kabupaten.

Tahapan verifikasi tingkat kabupaten merupakan kelanjutan dari verifikasi tingkat pusat yang telah dilakukan KPU.“Tiap partai politik harus memenuhi syarat 75 persen ditingkat kabupaten. Jika kurang, partai politik yang bersangkutan tidak berhak mengikuti Pemilu 2019 yang akan datang”,tegas Husin.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Bolmong Utara Eddy Posangi, verifikasi parpol terhadap 12 partai yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi. Pengawasan Verifikasi yang dilakukan KPU ini, katanya, untuk memastikan kembali domisili kantor, serta kepengurusan partai yang mendaftar, ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) dan seterusnya.

“Saya kira proses sudah berlangsung dengan baik dan lancar. Sambutan dari pimpinan pengurus Partai Keadilan Sejahtera, sangat penuh kekeluargaan dan tahapan ini memang harus jalan karena nanti persiapan untuk Pemilu 2019,” tutup Eddy.(Sube/Kemal)