Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep Tuntut Pemberdayaan PT. Semen Tonasa, Ini Tuntutannya…

oleh
Semen Tonasa
Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep di kantor PT. Semen Tonasa di desa Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ,Rabu (29/11/2017)

Pangkep,suaralidik.com – Puluhan Pimpinan Perusahaan yang tergabung dalam Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep yang diKetua oleh M.Sawir S mulai gerah dengan janji-janji manis PT. Semen Tonasa yang beroperasi di Kabupaten Pangkep.

Semen Tonasa
Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep di kantor PT. Semen Tonasa di desa Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ,Rabu (29/11/2017)

Rabu (29/11) siang sekitar pukul 14:00 WITA, Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep mendatangi kantor PT. Semen Tonasa di desa Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan guna mempertanyakan beberapa masalah sosial dan proyek-proyek PT. Semen Tonasa yang terkesan hanya dihandel dari vendor luar saja.

Selain itu, masalah sosial banyak ditimbulkan lantaran PT.Semen Tonasa mendatangkan tenaga kerja dari luar kabupaten Pangkep.

Hasil pantauan suaralidik.com, mereka mengajukan sejumlah tuntutan ke manajement PT. Semen Tonasa yang diantaranya :

  • Menuntut pihak PT. Semen Tonasa agar dalam pengerjaan proyek-proyek infrastruktur pendukung lainnya dapat melibatkan Kontraktor lokal asal Pangkep
  • Mendesak PT. Semen Tonasa agar mengakomodasi putra putri daerah untuk diperkerjakan sebagai karyawan.
  • Menuntut adanya Transparansi dalam pelelangan barang dan jasa yang diadakan oleh PT. Semen Tonasa, serta mengharapkan adanya pekerjaan dan dapat berkerja pada perusahaan milik BUMN yakni PT. Semen Tonasa dan bukan hanya jani-janji belaka namun dibuktikan

“…sangat ironis jika kami putera daerah pangkep khususnya wilayah Ring 1 hanya sebagai penonton, sementara yang bekerja dan makan dari perusahaan BUMN ini semuanya di datangkan dari luar. Kalaupun ada pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan oleh penduduk lokal semuanya penuh dengan siasat dan akal-akalan oknum PT. Semen Tonasa…” Cetus Agus salah seorang anggota Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep.

Sementara itu, Pihak PT. Semen Tonasa yang menerima Kadep H.Zulkarnain yang menerima Aliansi Pengusaha Lokal Pangkep saat itu juga mengatakan dan siap membantu.

Dikatakannya, PT. Semen Tonasa siap memberdayakan dan mengakomodir pengusaha/Vendor Lokal dan memfasilitasi pengusaha/vendor yang siap menjadi rekanan melalui sistem EPCROC atau On Line2.

Juga ditambahkannya,bahwa PT. Semen Tonasa bersedia memfasilitasi Pengusaha/Vendor untuk bertemu langsung dengan pihak User/Unit kerja yang akan mengeluarkan order pekerjaan baik dibidang jasa,konstruksi,Sipil,mekanikal,Pabrikasi maupun pengadaan barang.***Alimuddin/Bcht