AMMPD Nilai Bupati Gorontalo Anti Kritik

oleh -

Taufik Bihungo Jendral lapangan AMMPD saat melakukan orasi beberapa waktu lalu,(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Jendral lapangan Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Daerah (AMMPD) Taufik Buhungo menilai, pernyataan Juru Bicara (jubir) Bupati Gorontalo sekaligus Staf Khusus Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan, Elvikman Landjoi saat menanggapi kritikan Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Iskandar Mangopa Kepada Bupati Prof Nelson Pomalingo menandakan Bupati tak mau dikritik.

SMKN 1

Taufik mengingatkan bahwa Kritik yang dilontarkan oleh anggota DPRD sesungguhnya merupakan bagian dari fungsi control legislatif, serta representatif dari apa yang dirasakan oleh rakyat selama ini.

“Toh, kalaupun dikatakan bahwa indikator kebanggaan rakyat atas kinerja pemimpinnya salah satunya adalah kehadiran kepala daerah dalam hajatan luar negeri, menurut saya itu terlalu dini dan prematur, mengingat masih banyak indikator-indikator yang perlu dievaluasi atas kinerja pemerintah selama ini,”kata Taufik kepada Suaralidik.com Kamis 22/11/2018.

Memurut AMMPD bahwa dasar pak Iskandar mengkritik Bupati berkaca dari pembahasan rancangan APBD 2019, dalam bentuk KUA PPAS yang perlu dibahas bersama antara DPRD dan Pemerintah, bukan hanya sebatas menyerahkan dokumen begitu saja.

“Tentu dalam pembahasan APBD 2019 akan ada dinamika check and cross check atau pun check and balance, Sehingga bisa ketemu sebuah pemahaman bersama dalam pengalokasian anggaran, dan tak bisa dipungkiri pasti akan ada perdebatan disana, sehingganya butuh kehadiran Bupati untuk meminimalisir hal ini,”tutur Taufik Buhungo.

Taufik menambahkan, oleh karenanya eksekutif dalam hal ini Jubir Bupati, harusnya menghargai kritik, saran maupun pendapat yang dilontarkan oleh anggota DPRD sebagai bahan evaluasi dan koreksi.

“Sehingga tercipta harmonisasi antara Bupati dan DPRD yang akhir-akhir ini Kami menilai mulai terkoyak-koyak. Sangat jauh berbeda pada saat pemakzulan Wakil Bupati dimana begitu terlihat kemesraan hubungan Bupati dan DPRD saat itu,”tutup Taufik,(***Rollink).