banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Andi Kartini Ottong : Mari Mengantisipasi Penyakit Kuku dan Mulut Hewan Agar Tidak Menyebar di Sulsel

Hj Kartini Ottong - Penyakit Kuku dan Mulut Hewan
Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, S.P, M.SP saat mengikuti rapat virtual, Rabu (6/7)

Sinjai, suaralidik.com – Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, S.P, M.SP mengikuti Rapat Koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan melalui virtual zoom di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kubupaten Sinjai, Rabu (6/7).

Rakor ini diadakan dalam rangka mengantisipasi potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022.

Wabup menjelaskan, salah satu hal yang menjadi pokok pembicaraan dalam rakor ini adalah antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PKM) pada hewan ternak yang saat ini menyebar di daerah Jawa.

“Lebaran Idul Adha, identik dengan hewan qurban. Kita harus mengantisipasi agar penyakit mulut dan kuku ini tidak menyebar di Sulawesi Selatan supaya hewan qurban tidak terjangkit karena virus ini sangat berbahaya bisa melumpuhkan dan mematikan hewan ternak,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ini, Dinas Peternakan selalu memantau kondisi hewan ternak yang ada di Kabupaten Sinjai sekaligus mensosialisasikan terkait penyakit mulut dan kuku yang dapat menjangkiti hewan ternak.

“Berdasarkan laporan dari Bapak Kadis peternakan, Alhamdulillah saat ini belum ada hewan ternak yang terjangkit. Mudah-mudahan kedepannya tidak ada hewan ternak yang terjangkit di daerah kita,” ungkap Wabup.