Aneh, Papan Informasi Transparansi Anggaran Dana Desa Dipasang Dirumah Kepala Desa

oleh

Pinrang, Suaralidik.com – Laporan soal dugaan penyelewengan dan korupsi dana desa cukup banyak sekarang ini. Tahun lalu saja banyak laporan tentang penyalahgunaan anggaran desa yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa. Terkait hal itu, Lidik Pro Parepare mengunjungi kantor Kepala Desa Wiring Tasi, Suppa, Kabupaten Pinrang yang tidak memasang papan informasi transparansi anggaran dana desa namun memasangnya di rumah kepala desa terkait.

Kantor Kepala Desa Yang Tidak Masang Papan Informasi Transparansi Anggaran Dana Desa

Pemasangan papan informasi transparansi anggaran dana desa yang dipasang di rumah Kepala Desa dianggap hal yang keliru. Menurut Ketua investigasi Lidik Pro Parepare, Ismail Waru, baiknya papan informasi tersebut di pajang di kantor desa dan di jalan jalan umum desa agar seluruh masyarakat desa dan lembaga dapat mengetahui secara langsung penggunaan dana desa itu.

Salah seorang staff desa yang di temui media mengatakan bahwa tidak dipasangnya papan informasi tersebut di kantor desa dikarenakan faktor angin. Namun alasan tersebut dianggap keliru karena aturan yang berlaku, papan informasi dana desa haruslah di pasang di kantor desa dan dijalan jalan umum desa agar masyarakat tahu besaran dan penggunaannya.

Langkah tersebut, sambung dia, penting untuk dilakukan agar kepala desa tak bermain-main dalam mengelola dana desa. Bagi yang belum memasang baliho harus ditegur, lantaran itu merupakan satu bentuk pengawasan langsung.

Mencoba mengetahui kebenarannya, Ketua Investigasi Lidik Pro Parepare, Ismail Waru menghubungi via telepon Kepala Desa bersangkutan namun sangat susah untuk tembus.

Untuk itu, Lidik Pro Parepare akan terus menghubungi kepala desa tersebut dan akan mempertanyakan perihal pemasangan papan informasi anggaran desa yang dianggap keliru. (ISWA/RIS)