Anggaran Terbatas, Prioritas Hasil Musrenbang Dipilah-pilah

oleh

Bulukumba, suaralidik.com–Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Ujung Bulu tahun 2018 dilaksanakan di ruang rapat kantor lurah Tanah Kongkong.

Rapat yang dibuka secara resmi oleh ketua LPMK Dr.Syahrir.R ini dihadiri anggota DPRD Tk.II Bulukumba dapil IV, Kepala puskesmas Caile, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, dan beberapa tokoh masyarakat.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bapak H. Safiuddin S.Sos, selaku anggota DPRD dapil IV, berisi imbauan agar masyarakat mau turut bermusyawarah demi terlaksananya Prioritas Musrenbang tahun 2018.

“Agar prioritas yang telah disusun dapat terlakasana pada tahun ini meskipun anggaran dana terbatas.” Ujar H. Safiuddin.

Dari sekian banyak prioritas Musrenbang, Ia masih memilah-milah mana yang dapat dilaksanakan hingga tahun depan. Menurutnya, meskipun dana APBD totalnya mencapai 1,5 Triliun, akan tetapi anggaran belanja langsung cuma berkisar 30-40 persen saja, hal inilah yang menjadi kendala tidak terlaksananya prioritas Musrenbang di segala desa dan lingkungan.

“Jadi intinya begini, dari 136 desa dan kelurahan, memang tidak semua apa yang kita programkan dapat terlaksana di tahun itu, paling yang terjadi hanya 3,5, dan paling tinggi 10 ini bisa diupayakan,” tambah Safiuddin.

Ia juga menyampaikan harapan agar ada komunikasi yang intes dalam melaksanakan kegiatan Musrenbang ini.

“Maksudnya pihak kelurahan ataupun pihak desa setempat ada komunikasi kepada pemilik kebijakan untuk mendahulukan yang mana prioritas yang harus dikerjakan untuk di desa atau di kelurahan itu.” Tutup H. Safiuddin.(Lia)