Antisipasi Kecurangan, Tim IYL-Cakka Instruksikan Jaga Ketat Rekap hingga Pleno Hasil Verifikasi

oleh
Ketua tim IYL-Cakka, Bahar Ngintung (Obama)

MAKASSAR – Mengantisipasi terjadinya kecurangan serta gangguan dari pihak yang tidak bertanggungjawab saat proses rekapitulasi hasil verifikasi faktual berkas dukungan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), ketua Tim IYL-Cakka menginstruksikan seluruh tim untuk mengawal proses tersebut.

“Saya minta seluruh sahabat-sahabat Tim Rumah Kita se Kab/Kota se Sulsel untuk melakukan Pengawalan ketat pada tahapan rekap sampai Pleno di tingkap PPK”ungkap Kordinator Rumah Kita Bahar Ngitung, Selasa (26/12/2017).

Menurut Obama–panggilan akrab Bahar Ngitung– tahapan rekap sampai pleno hasil verifikasi merupakan tahapan yang patut dijaga. “Ini kita lakukan untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang akan melakukan pembegalan dukungan rakyat,”lanjut Obama.

Diketahui, setelah proses verifikasi faktual, dukungan tersebut akan di rekapitulasi mulai dari ditingkat kecamatan pada tanggal 26 hingga 28 Desember 2017. Kemudian ditingkat Kabupaten/kota 29-31 Desember dan di tingkat Provinsi 1 hingga 3 Januari 2018.

Hasil verifikasi dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan dituangkan dalam berita acara yang selanjutnya diteruskan kepada PPK dan salinan hasil verifikasi disampaikan kepada pasangan calon.

PPK melakukan verifikasi dan rekapitulasi jumlah dukungan pasangan calon untuk menghindari adanya seseorang yang memberikan dukungan kepada lebih dari 1 (satu) calon.