Apa Makna Logo HUT Ke-72 Kemerdekaan Indonesia? Berikut Penjelasannya

oleh

Suaralidik.com – Kementerian Sekretariat Negara mengumumkan tema dan logo dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan Indonesia. Di situs kementerian, setneg.go.id, dapat dilihat makna logo dan tema HUT RI ke-72 tahun 2017 ini
Tema yang diangkat sebagai semangat dalam perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah kebersamaan.

Ini menjadi esensi dan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan. Masyarakat diingatkan melalui semboyan ini untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat.

Sedangkan logo 72 tahun Indonesia Kerja Bersama merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Angka 7 pada logo HUT Indonesia adalah simbol dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas.

Hal itu melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.
Sementara letak dan posisi angka 2 pada logo yang terlihat merangkul angka 7 merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Selain itu, angka 2 juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.
Kemudian slogan ‘Kerja Bersama’ memiliki arti menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan memperlihatkan asas kebersamaan serta gotong royon dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Slogan ‘Bersama Kerja’ menunjukan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Bahkan di situs Kementerian Sekretariat Negara juga bisa diunduh pedoman penggunaan identitas visual HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia. Pihak kementerian juga telah mengirimkan surat kepada para pimpinan lembaga negara, para menteri kabinet kerja, bahkan sampai pemerintah daerah untuk memperbanyak dan mensosialisasikan tema dan logo peringatan HUT ke-72 kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu, bukti nyata dalam menyambut HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia, terlihat masyarakat kabupaten Pangkep, sekalipun berada di wilayah pedesaan, yakni desa Padanglampe, Kecamatan Ma’rang, beberapa diantaranya Puskesmas Padanglampe, terlihat melakukan latihan gerak jalan di sepanjang jalan Desa.

“Demi semangat Keversamaan, sambut HUt ke-72 Kemerdekaan RI, kami akan siap meraih juara dalam lomba Gerak jalan” ujar Ramlah, salah seorang peserta latihan gerak Jalan Puskesmas Padanglampe Rabu (2/7).

Herman Djide


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama