Apel Awal Tahun, GSVL: Jangan Lagi Ada ASN Yang Malas

oleh

Manado, suaralidik.com–Apel kerja awal tahun 2018 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dilangsungkan di lapangan Sparta Tikala dan dipimpin langsung oleh Walikota dua periode, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL) pada rabu (03/01).

Apel kerja perdana itu, digelar setelah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Provinsi Sulawesi Utara, termasuk jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, menikmati Cuti Bersama dalam rangka Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Dalam sambutannya, Walikota GSVL menegaskan bahwa loyalitas seorang ASN harus ditunjukan dalam bentuk disiplin dan taat terhadap aturan yang ada.

“Mengawali tahun 2018, saya ingin menegaskan kepada seluruh ASN di jajaran pemerintah Kota Manado agar meningkatkan loyalitas dengan berdisiplin serta taat pada aturan yang berlaku. Mari tinggalkan kebiasaan lama yang negatif dan mari kita tingkatkan layanan kepada masyarakat kita,” ujar GSVL.

Ada 17 apresiasi penghargaan baik dari pemerintah pusat mauoun swasta yang diberikan kepada sejumlah Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Manado. GSVL berharap, di 2018, semoga prestasi-prestasi yang telah mereka capai tersebut bisa dipertahankan. Kalau perlu ditambah lagi, guna meningkatkan etos kerja yang intinya untuk peningkatan pelayanan ke masyarakat. 

“Saya dan Pak Wawali Mor sangat berterima kasih kepada sejumlah Perangkat Daerah, yang telah menyumbangkan sejumlah penghargaan di tahun 2017 lalu. Semoga di tahun 2018 ini, akan bertambah lagi hanya untuk kreatifitas dan terobosan pembangunan bagi pelayanan di warga masyarakat Kota Manado,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, ASN Pemkot Manado harus meninggalkan perbuatan yang buruk selama tahun 2017.

“Jangan ada lagi ASN yang malas, apalagi hanya rutinitas mengisi absen semata. Usahakan supaya kinerja buruk yang ditunjukan selama tahun 2017, bisa berubah ketika memasuki tahun baru tahun 2018. Mari kita bersatu untuk kemajuan Kota Manado yang kita cintai,” imbaunya.

GSVL pun berjanji tak akan segan melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabat yang dipercayakan mengelola pemerintahan. Sebab itu, Jika didapati ada yang tidak melaksanakan Tupoksi dengan baik, maka akan dilakukan penyegaran.

“Bekerjalah sesuai tugas pokok dan fungsinya dengan sebaik mungkin. Saya dan Pak Wakil Walikota akan melakukan evaluasi terhadap kinerja saudara.”

Apel kerja perdana tersebut melibatkan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkup Pemkot Manado. Tokoh Pemuda Asal Tuminting, Kelurahan Islam, Alfian Purnadi berpendapat, bahwa apa yang disampaikan dalam sambutan tersebut sudah merupakan imbauan keras. Hal itu juga karena ASN dibiayai oleh negara dan masyarakatlah yang membayar mereka.

Imbauan tersebut meski dianggap sudah menjadi teguran keras, namun masih ada saja ASN dan pejabat Pemkot Manado yang berteduh dibawah pohon maupun gedung disekitar lapangan Tikala saat apel berlangsung.

Usai Apel Kerja Perdana, dilanjutkan dengan jabat tangan pemberian ucapan selamat tahun baru kepada Walikota Vicky Lumentut yang diawali Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Usulu, para Asisten, Staf Ahli Walikota, para kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah serta ASN dan THL di jajaran Pemkot Manado. (DeonYW)