Apel Besar Gerakan Pramuka di Bulukumba Berpusat di Manyampa

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Keluarga besar Gerakan Pramuka Kabupaten Bulukumba memperingati Hari Gerakan Pramuka yang ke 56 tahun. Senin (14/817).

Dengan menggelar Apel Besar, sekaligus melaksanakan penutupan perkemahan Kwarcab. Gerakan Pramuka Bulukumba, yang telah berlangsung selama 4 hari dengan jumlah peserta 1.225 orang, di Dusun Tanah Eja, Desa Manyampa, Kecamatan Ujungloe.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) menjadi pembina upacara Apel Besar membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, yang mengambil tema “Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa”. Mengatakan gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda.

“Berkarakter melalui berbagai kegiatan, untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya,” kata AM Sukri membacakan naskah.

Sementara itu Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto, yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bulukumba dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Kwartir dalam kurun waktu 2017 berhasil menjadi juara III Putra pada Lomba Tingkat IV Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Juara Umum pada Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Maros, Pangkalan SMP Negeri 9 Bulukumba mewakili Provinsi Sulsel pada Kemah Budaya Tingkat Nasional di Palangkaraya.

“Kita juga telah mengikut sertakan 26 Pramuka Penegak dan Pandega pada kegiatan Raimuna Nasional ke XI di Cibubur Jakarta, serta pencapaian 160 Pramuka Garuda Siaga, Penggalang dan Penegak. Selaku Ketua Kwarcab. Dan, untuk peringkat hasil penilaian kepada Kwartir Ranting Tergiat untuk tahun 2017, yang berturut-turut diraih oleh Kwarran Gantarang, Kwarran Kajang dan Kwarran Bontotiro,” jelas Tomy.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati AM Sukri Sappewali mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Siaga Bencana. Para peserta perkemahan juga memberikan bantuan uang tunai hasil celengan selama perkemahan kepada Pengurus Masjid Din Miftahul Jannah Manyampa Baharuddin, dan bantuan beras sebanyak 150 liter yang diperuntukkan kepada warga Manyampa yang kurang mampu. (A3/IC)