Aplikasi Acarduk Permudah Pelayanan Dokumen Kependudukan

oleh

Disdukcapil Bonebol saat melakukan sosialisasi aplikasi Acarduk di Kecamatan Tapa, baru-baru ini. (Foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Kepemilikikan dokumen kependudukan telah menjadi salah satu kebutuhan vital masyarakat akhir-akhir ini. Terlebih dalam setiap gerak aktivitas pemenuhan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat di semua lini, baik itu di instansi pemerintah maupun swasta tidak lepas dari kebutuhan akan dokumen kependudukan.

Karena dokumen kependudukan menjadi salah satu persyaratan maupun menjadi salah satu kewajiban yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan atau hak konstitusi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan.

Namun dalam pengurusan dokumen kependudukan sendiri, tentu membutuhkan berkas-berkas dokumen pendukung dari desa dan kecamatan. Hal ini tentu akan menyita waktu dari masyarakat dalam melakukan pengurusan.

Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango menciptakan sebuah terobosan dan inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan dokumen kependudukan tersebut, yakni melalui sebuah aplikasi Acarduk (Aplikasi Cari Arsip Kependudukan).

“Aplikasi Acarduk yang merupakan inovasi proyek perubahan (Proper) PIM IV angkatan VIII tahun 2018 Provinsi Gorontalo dari Kepala Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Bonebol Hasna Latala ini, nantinya menjadi salah satu media untuk mempermudah masyarakat, terutama dalam pelayanan dokumen kependudukan,”kata Kepala Disdukcapil Bonebol Oktavianus Rahman, baru-baru ini.

Menurutnya, lewat aplikasi Acarduk ini masyarakat bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan, tanpa harus bolak balik lagi ke Disdukcapil, karena berkasnya belum lengkap. Dengan catatan, masyarakat tersebut sudah ada dalam database kependudukan.

”Jadi masyarakat ini meski hanya membawa permohonan dari desa dapat dilayani langsung di Disdukcapil. Apalagi mengingat jika yang mengurus dokumen ini dari kecamatan yang jauh,”terang Oktavianus.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Hasna Latala menjelaskan tujuan dirinya menciptakan inovasi maupun terobosan, yakni optimalisasi pemanfaatan Aplikasi Cari Arsip Kependudukan (Acarduk) adalah dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat pada umumnya.(***Fan).