Arcandra Tahar Tercatat Menteri Paling Singkat Menjabat, Terhitung Hanya 20 Hari

oleh
Presiden Jokowi saat pelantikan Arcandra Tahar di Istana Negara beberapa waktu lalu -SUARALIDIK.com
Arcandra Tahar yang dituding berkewarganegaraan ganda, kini diberhentikan oleh Jokowi sebagai Menteri ESDM-SUARALIDIK.com
Arcandra Tahar yang dituding berkewarganegaraan ganda, kini diberhentikan oleh Jokowi sebagai Menteri ESDM-SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com-JAKARTA-  Presiden Joko Widodo resmi memberhentikan dengan hormat Menteri ESDM, Arcandra Tahar. Sejak dilantik pada  27 Juli 2016 sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) menggantikan Sudirman Said, pada Senin ( 15/8/2016) Joko Widodo pun mencopot dirinya.

Arcandra Tahar di copot sebagai Menteri ESDM, sejak publik ramai berkicau karena Arcandra diketahui memiliki paspor Amerika Serikat. Dengan demikian, polemik pun bermunculan sebab Indonesia tidak menganut adanya sistem Dwi-kewarganegaraan.

Setelah pemberhentian Arcandra, dirinya pun tercatat sebagai pejabat pemerintahan dengan posisi menteri yang paling singkat menjabat. Sebelumnya, Mohammad Mahfud MD tercatat sebagai menteri paling singkat menjabat, yaitu hanya 21 hari.

Mahfud MD dilantik sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 20 Juli 2001 diakhir masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid ” Gus Dur “, lalu Mahfud MD meletakkan jabatannya pada 9 Agustus 2001 dimasa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri yang lalu di gantikan oleh Yusril Ihza Mahendra.

Selain Arcandra Tahar dan Mahfud MD yang mencatatkan diri sebagai Menteri paling singkat menjabat, pada 2001 juga ada nama Rizal Ramli yang diangkat oleh Ptresiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Keuangan pada 12 Juni 2001, dan pada 9 Agustus 2001, Rizal Ramli pun meletakkan jabatannya sebagai Menkeu pada akhir jabatan Gus Dur sebagai Presiden, lalu diangkatlah Boediono sebagai Menteri Keuangan sebagai pengganti Rizal Ramli di era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Penulis / Editor : Andi Awal – SuaraLidik
di olah dari berbagai sumber


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama