,

Astaga, Cat Pamsimas 2009 Diubah Menjadi 2017, Ini Reaksi Warga Desa Iwoikondo

oleh -81 views
Foto : Kontroversi Bangunan PAMSIMAS Desa Iwoikondo yang Cat-nya diubah dari Tahun 2009 menjadi 2017

KOLAKA TIMUR, Suaralidik.Com – Program Nasional PAMSIMAS (Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat) diprotes keras oleh masyarakat desa Iwoikondo, Kecamatan Loea, Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara.

Protes itu disampaikan, Empo (55) mantan dusun didesa Iwoikondo.  Dia heran dengan bangunan Pamsimas ditahun 2009 diubah catnya menjadi tahun 2017.

Tulisan 2009 itu masih membekas cat yang ditutupi atau diubah. Perubahan tahun itu dengan sengaja itu smenjadi perbincangan di desa iwoikondo bahkan hal ini sering diungkapkan dibeberapa Lsm namun tidak ada jawaban.

Menurut Hardin (25) yang juga aktif di Lidik Pro. Bahwa dia mencoba mencari narasumber unek-unek masyarakat.

Dia menuturkan bahwa  terlihat dibangunan 2009 menjadi 2017.  Dilokasi tersebut ada dua bangunan, satunya berbentuk tower dan memang bangunan tersebut ditahun 2017.

Bangunan yang satunya itu bangunan berbentuk rumah untuk menempati penampung mesin sumur bor yang dibuat pada tahun 2009 dengan tulisan lama tertulis SAB TL 2009 PU Kolaka.

Entah apakah didalam anggaran pembangunan tersebut dimasukkan sumur bor yang baru, pipa yang baru atau bangunan didepannya yang baru padahal peralatan itu adalah menggunakan anggaran lama di tahun 2009.

Ada juga sumber Rn (35) sebagai salah satu warga Ibu rumah Tangga mengungkapkan bahwa  di desa Iwoikondo  bahwa pembangunan tower PAMSIMAS dirinya sempat ditagih 150 ribu per rumah.(***anto)