Advertizing

banner 728x250

Astaga, Hutan Mangrove di Desa Moat Disulap Jadi Destinasi Wisata dan Bersertifikat

  • Bagikan
Foto : Kepala KPH Wilayah II, James Runtuwene SH

Bolmong, Suaralidik.Com – Astaga kawasan hutan lindung di desa Moat, Bolmong Timur diduga kuat telah memiliki sertifikat kepemilikan. Indikasi kuat itu disampaikan Kepala KPH 2 Wilayah Boltim,-Bolsel, James Runtuwene SH.

Sertifikat yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bolmong atas nama Stroberry dengan lokasi di desa Moat Kecamatan Moat. Lokasi yang dulunya hutan mangrove kini telah menjadi destinasi wisata rekreasi.

banner 728x250

“hal ini sedang kami telusuri, dasar apa sehingga bisa BPN menerbitkan sertifikat ?,”tanya James.

Menyikapi aksi sulap lahan hutan mangrove KPH Wilayah 2 mengaku akan melakukan koordinasi dengan BPN Bolmong. Pun begitu, ditegaskan bahwa atas dasar UU, Sertifikat atas nama Stroberry yang telah terbit bisa dibatalkan.

Sementara lokasi hutan mangrove dan disulap menjadi lokasi wisata oleh oknum pengusaha dikecam kecam keras penggiat LSM Swara Bogani, Rafiq Mokodongan,

Dikatakannya, kalau itu masih HPT kenapa tidak di ketahui oleh pihak KPH.2. Selanjutnya, kegiatan lokasi wisata pasti memiliki izin usaha dan izin lainnya.

“Ini preseden buruk bagi birokrat. Ini pasti ulah oknum birokrat murahan. Siapa pun yang berselingkuh dengan oknum pengusaha ini harus di usut tuntas biar tidak menjadi seenaknya menyulap hutan menjadi lokasi milik pribadi,”ketus Rafiq.(***agus)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *