Astaga, Ratusan Juta Obat di Bolmut Dimusnahkan, Ini Alasannya

oleh -56 views
Foto : Suasana pemusnahan obat

BOLMUT, SuaraLidik.Com –  Bertempat di Rumah Sakit Umu Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Dinas Kesehatan Bolmut memusnahkan obat-obatan dan alat medis senilai 200 Juta, pada Kamis (07/02/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr. Jusnan. C. Mokoginta, MARS., melalui Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Dinas Kesehatan, Asia SSi. APT., saat diwawancarai media ini mengatakan, jika obat-obatan dan injeksi (alat suntik, red) yang dimusnahkan itu sudah kadaluarsa sehingga tidak layak lagi dipakai.

“Total senilai 200 Juta untuk obat-obatan dan alat injeksi yang dimusnahkan menggunakan Incinerator (alat pembakaran, red) rumah sakit. Obat tersebut melalui pengadaan tahun 2017 dengan dana mencapai 3,6 Milliar dan 2018 dengan nilai 3,4 Milliar,”ungkapnya

Lebih lanjut, pejabat yang dilantik pada Februari 2017 ini mengatakan obat-obatan dan alat medis yang dimusnahkan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Sumbernya dari DAK dan tidak melalui pihak ketiga, melainkan menggunakan sistem E-Katalog,”terang Asia.

Alumni Diklat Pim IV 2013 itu mengatakan, proses pemusnahan obat-obatan itu sudah sesuai standar kesehatan dan tidak mencemari lingkungan.(***chan)