Astaga, Seribu Caleg Berurusan dengan Pengadilan, Ini Alasannya

oleh

MANADO, Suaralidik.Com — Diam-diam hampir 1000 Calon legislatif tingkat Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara berurusan dengan Pengadilan Negeri Manado.

Itu sebabnya suasana Pengadilan Negeri (PN) Manado tiap hari kian sibuk. Tak hanya karena banyaknya jadwal sidang, namun dipadati para bakal calon legislatif (bacaleg) Kota Manado maupun Provinsi Sulut.

Mereka rela mengantre berjam-jam. Tak lain untuk mengurus surat keterangan bukan narapidana. Diketahui, pengurusan tersebut merupakan salah satu persyaratan administrasi KPU yang diharuskan, sebelum mereka ditetapkan sebagai bakal calon.

Plt Ketua PN Manado Vincentius Banar menyebutkan, hingga saat ini, sekitar 930-an bacaleg telah memasukkan permohonan. “Yang terdata saat ini sebanyak 930 surat permohonan. Tapi sepertinya akan bertambah, karena belum sampai pada waktu penutupan,” beber Banar saat ditemui di ruangannya, Jumat (13/7/2018).

Meski harus kerja ekstra padat dan teliti, Banar menyebutkan, personel PN Manado tetap semangat bekerja. “Berapa banyak pun tetap kita akan lakukan yang terbaik. Yang saya selalu sampaikan semua untuk teliti memilah berkas para pemohon, jangan sampai ada yang salah atau tidak lengkap. Tapi dari 930 itu, sudah ada sekitar 700-an lebih surat keterangan yang telah pasti atau rampung,” pungkasnya.(***iqb)