Asyik !!! Polda Maluku Kini Jadi Tipe A

oleh
Irwasum Mabes Polri, Komjen Pol. Dwi Priyatno

SUARALIDIK, AMBON— Mako Polda Maluku kini beralih dari tipe B ke tipe A, Rabu (05/04/17). Peresmian kenaikan tingkat tersebut dilakukan oleh Irwasum Mabes Polri, Komjen Pol. Dwi Priyatno mewakili Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Irwasum Mabes Polri, Komjen Pol. Dwi Priyatno

Peningkatan Tipe Polda Maluku tersebut dari Tipe B ke Polda Tipe A dan turut di hadiri oleh Gubernur Maluku,Ir.Said Assagaf, Dankorps Brimob Polri Irjen Pol Drs.Murad Ismail, Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI Doni Monardo, Kapolda Maluku Brigjen Pol Ilham Salahuddin,Wakapolda Maluku Kombes Pol Drs.Musa Ginting, Danlanud Patimura Kolonel PNB Pangabean, Danlantamal Patimura, Kapolres Pulau Ambon & P.P Lease AKBP Harold Wilson Huwae,SIK, Para Pejabat Utama Polda Maluku, Para Pejabat Utama Kodam XVI Patimura, Para Unsur Forkopimda Provinsi Maluku serta tamu undangan yang berjumlah sekitar 300 (tiga ratus) orang.

Pengukuhan tipelogi Polda Maluku, Kapolri dan Menpan RI minta untuk meningkatkan kinerja polda Maluku dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Demikian pernyataan resmi Kepala Kepolisian Republik Indonesi Jenderal Tito Karnavian, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Dwi Priyanto.

Tipelogi Polda Maluku sebelumnya tipe B menjadi tipe A merupakan upaya keberlanjutan guna memperkuat struktur organisasi, dalam menghadapi berbagai dinamika ancaman yang berkembang dewasa ini,” kata Priyanto.

Demikian pula perkembangan lingkungan strategis baik pada tataran global, regional, maupun dalam negeri berdampak pada dinamika stabilitas Kamtibmas yang ada di Indonesia yang tentunya hal tersebut menjadi sebuah tantangan tugas yang harus dihadapi Polri.

Sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara, tugas utama Polri memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu harus memperkuat dan meningkatkan kapabilitas,” terang Jenderal bintang tiga ini.

Diketahui pada tahun 2017 , selain Polda Maluku, Polda Sumatera Barat, dan Polda Nusa Tenggara Timur, juga beralih ke Tipe A yang mana untuk keempat Polda ini dilakukan setelah melalui serangkaian kajian yang mempertimbangkan beberapa aspek yaitu letak geografis, jumlah penduduk, potensi ganguan Kamtibmas, serta kejahatan taransnasional dan kejahatan yang berimplikasi terhadap kekayaan negara yang berimplikasi pada situasi kamtibmas.
(amk/a2)