Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Kec. Dungaliyo Gorontalo Sukarela Bantu Petani Susah

oleh
Babinsa
Kopda Ishak Nur Koramil 07 Batudaa/Kodim 1304 Gorontalo dan Bripda Leqsian Gaspar saat mengarap lahan petani yang susah

Gorontanlo, suaralidik.com – Sejatinya Babinsa dan Bhabinkabtibmas merupakan ujung tombak TNI dan Polri yang ada ditingkat Kecamatan dan Desa. Maka tak jarang keduanya institusi ini sering solid membantu dengan suka reka kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kopda Ishak Nur dan Bribda Legsian Gaspar yang keseharin mereka bertugas di Wilayah Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo itu, membantu petani yang kesusahan dengan cara menggarap lahan mereka dengan secara suka rela dan gratis.

Pantauan awak media di lapangan, Hal ini bermula saat kunjungan Kopda Ishak Nur dan Bripda Leqsian Gaspar ke salah satu rumah warga yang berada di Dusun Topungo, Desa Pilolalenga Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo. Disela kunjungan tersebut Kopda Ishak Nur dan Bripda Leqsian Gaspar mendengar keluhan langsung dari petani bernama Dunu Lasena(53) yang keseharianya sebagai petani jagung.

Lantas, Dunu Lasena mengeluhkan mahalnya biaya untuk mengarap lahan setelah dihitung tidak sebanding dengan keuntungan yang ia dapatkan setalah panen “selama ini untuk biaya pengelolaan lahan dan lain-lain sangat mahal, sedangkan hasil panen jagung cuma sedikit, tidak cukup untuk mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan,”ujarnya dengan raut wajah terlihat sedih.

“Sementara saya harus membiayai makan anak dan istri saya, saya rasa untuk modal mengarap lahan itu sudah tidak cukup lagi, yang lebih parahnya lagi ketika panen tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau gagal panen tentunya tidak ada modal lagi untuk kami, “ ungkap bapak dengan 4 orang anak.

Mendengar hal tersebut Kopda Ishak Nur yang merupakan Babinsa Koramil 07 Batudaa/Kodim 1304 Gorontalo dan Bripda Leqsian Gaspar Bhabinkamtibmas Polsek Bongomeme Polres Gorontalo kemudian tergerak hati kedua abdi negara tersebut untuk membantu secara suka rela untuk pengelolaan lahan kepada Dunu Lasena dan dengan senang hati petani tersebut menerima tawaran itu.

“Alhamdulilah Kedua abdi negara yang bertugas di Kecamatan Dungaliyo langsung merespon cepat dan menawarkan jasanya untuk mengelolah lahan saya secara suka rela, dan saya sangat berterima kasih karena keduanya bisa meringankan beban saya sebagai petani yang kurang mampu,” tambah Dunu Lasena.

Sementara itu Babinsa Kopda Ishak Nur mengatakan, bahwa hal tersebut sudah bisa dilakukan, karena ia merupakan abdi negara yang harus mengabdi ke masyarakat “saya selaku Babinsa ini sudah merupakan tugas dan tanggung jawab saya, apapun itu rakyat adalah mitra TNI, karena bersama rakyat TNI pasti kuat,” katanya.

“Dan kalau ada masyarakat atau petani yang kesulitan soal mengarap lahanya bisa menghubungi kami berdua, mudah-mudahan dengan kesangupan kami bisa membantu masyarakat, Khusunya di Kecamatan Dungaliyo,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Bhabinkamtibmas. Bripda Leqsian Gaspar Berharap, agar apa yang dilakukan mereka berdua ini bisa meringankan beban petani “Alhamdulilah kami sudah melakukan pembajakan lahan dengan mengunakan alat mesin tractor berupa Jonder dan untuk biaya bahan bakar minyak dan biaya operasional lainnya itu mengunakan dana pribadi secara ikhlas dari kedua abdi negara tersebut,” tandasnya. (***Arf)