Balai Bahasa Sulut Ajak Pegiat Literasi Kepulauan Talaud Lestrarikan Bahasa Daerah

oleh
Balai Bahasa Sulut Ajak Pegiat Literasi Kepulauan Talaud Lestrarikan Bahasa Daerah.

TALAUD, Suaralidik.com – Balai Bahasa Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Pembinaan Komunitas Baca bagi pegiat literasi Se Kabupaten Kepulauan Talaud. Selasa (24/10/17).

Balai Bahasa Sulut Ajak Pegiat Literasi Kepulauan Talaud Lestrarikan Bahasa Daerah.

Dengan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kepulauan Talaud, kegiatan itu dipusatkan di aula Dinas Dikpora.

Kepala Balai Bahasa Sulut, Supriyanto Widodo dalam sambutannya mengatakan pentingnya menjaga kearifan budaya lokal yakni bahasa daerah maka perlu dilestarikan oleh masyarakat atau komunitas yang peduli dengan budaya lokal. Sehingga perlunya penyelenggaraan suatu kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat atau komunitas baca tentang literasi.

“Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka bulan bahasa dan sastra dengan mengangkat tema majukan bahasa dan sastra, rekatkan kebhinekaan”, Kata Supriyanto.

Adapun tujuan pokok untuk memberi dorongan kepada masyarakat atau komunitas yang peduli dengan budaya baca dan penggiat budaya literasi karena memahani literasi bukan sekedar baca dan menulis, tapi literasi juga merupakan keterampilan dalam bidang atau aktifitas tertentu.

Sementara sambutannya sekretaris Dikpora Talaud, Juldriko Potoboda mengatakan sangat mengapreiasi kegiatan dari Balai Bahasa Sulut. Dalam pelaksanaanya Bulan Bahasa tahun 2017 yang akan dilaksanakan di tingkat Provinsi kiranya akan berlangsung secara berkelanjutan dan melibatkan Kepulauan Talaud dalam berpartisipasi  kegiatan Bulan Bahasa tersebut.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi perkembangan bahasa lokal dan para pegiat literasi bersemangat dalam kegiatan yang positif ini,” tutup Potoboda.

Kegiatan ini di hadiri ketua Dewan Adat Talaud Arvan Bawangunx tamu undangan, dan Para siswa utusan Sekolah. (Wan Pakaya)