Bangun Sarana Olahraga, Pemdes Buyat Satu Kucurkan Dana 400 Juta

oleh -

Boltim, Suaralidik.com – Penuhi kebutuhan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Buyat 1, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) alokasikan Dana Desa (Dandes) tahap 2 sebesar 400 juta rupiah khusus untuk bangun gedung sebagai sarana olahraga rakyat. Kegiatan tersebut ditargetkan selesai dalam jangka waktu 90 hari kerja.

Demikian yang disampaikan Sangadi (kepala desa) Buyat 1, Chandra Setiawan Modeong saat bersua dengan sejumlah awak media, Senin 15/07/2019.

”Saat ini kami dalam tahap awal pembangunan gedung untuk dibuat sarana olahraga rakyat dengan ukuran 13X30 meter persegi. Pekerjaan itu memakai swadaya dari masyarakat, dan tidak ditentukan waktu pekerjaannya. Namun kami menargetkan, jika tidak ada hambatan, dalam waktu 3 bulan gedung sudah selesai dibangun,” ujar Chandra.
Dibangunnya sarana olahraga tersebut lanjut Chandra, disesuaikan dengan kebutuhan desa, pemuda dan juga permintaan dari masyarakat.

”Gedung itu nantinya tidak hanya diaplikasikan untuk kegiatan pemuda dan masyarakat lainnya dibidang olahraga, namun bisa digunakan juga untuk keperluan lain diantaranya menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab), atau ketika ada pertemuan dan kegiatan kemasyarakatan dan membutuhkan ruang yang lebih luas. Kita bisa gunakan gedung serbaguna itu,” terangnya.

Ia pun berharap, jika gedung tersebut difungsikan, bisa digunakan sebagaimana mestinya. Sebab tambah dia, pembangunan infrastruktur itu sudah sesuai dengan asas manfaat yang ada.

”Dandes sesuai aturan dari Kementrian Desa (Kemendes) bahwa digunakan sesuai kebutuhan masyarakat pada umunya. Jika dipakai untuk membangun sarana dan prasarana, maka harus sesuai kebutuhan yang ada didesa. Maka dari itu saya selaku Pemdes berharap, masyarakat khususnya pemuda bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk sama-sama menjaga aset desa. Karena fasilitas yang tengah disediakan ini tentunnya sebagian dari menunjang kegiatan pemuda dibidang olahraga agar dapat menyalurkan bakat yang ada,” tukas Modeong.(Bob).