Bantu Korban Gempa Dan Tsunami, Relawan Asal Mexico Ikut Rombongan Pemda Gorontalo

oleh

Para relawan kemanusiaan asal Mexico ikut bersama rombongan Pemda Gorontalo ke lokasi gempa dan tsunami sulteng, jumat 04/10/2018. (foto Thoger)

Gorontalo, Suaralidik.com – Gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu, Donggala, dan Sigi Provinsi Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu, mengundang keprihatinan relawan kemanusian dari berbagai Negara.

8 relawan kemanusiaan yang tergabung dalam NGO Foundation CADENA (Humanitarian Aid For Emergencies And Natural Disasters) dan LSM SSF asal Mexico, sengaja datang dan ikut rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo kelokasi bencana untuk membantu para korban gempa dan tsunami diSulteng.

Ketua rombongan Wolf Kesel kepada awak media mengatakan, timnya menyediakan alat penyaringan air bersih sekaligus tim medis kelokasi bencana.

“Tim kami terdiri dari 8 orang, 2 dokter, 1 perwat, dan lainnya merupakan tenaga teknis, selain itu kami juga membawa 200 unit mesin penyaringan air. kami berada disana selama seminggu. “Tutur ketua rombongan.

Ia juga menambahkan mesin penyaringan merupakan hasil karya dari tim CADENA dan SSF yang bisa menyaring berbagai air , menjadi air layak dikomsumsi kecuali air laut.

“Mesin ini dirancang oleh tim kami, yang sekejap bisa merubah air apapun menjadi air minum, kecuali air laut. alat ini akan kami gunakan dilokasi bencana nanti.”papar Wolf Kesel.

Ditempat yang sama asisten l setda Kabupaten Gorontalo Selmin Popeo mengucapkan terimah kasih kepada tim NGO Foundatioun asal Mexico yang telah ikut prihatin dengan bencana gempa dan tsunami yang telah meimpa Donggala, Palu Dan Sigi.

“Kami pemda Gorontalo mengucapkan terima kasih atas tim relawan kemanusian asal Mexico, yang sengaja datang jauh jauh untuk membantu para korban gempa dan tsunami yang menimpa sudara sudara kita di Palu, Donggala Dan Sigi.”tegas Selmin

Para relawan, sambung Selmin, datang kegorontalo dengan mengunakan pesawat komersial dari jakarta dan langsung meminta pihak pemda untuk membimbing mereka kelokasi bencana.

“Tadi ketua tim relawan ini mendatangi kami dan meminta untuk bisa membimbing mereka kelokasi bencana, bertepatan hari ini akan ada penditribusian logistik, sehingganya relawan ini kami ikut sertakan bersama rombongan yang dikawal oleh anggota polres Gorontalo ke Palu Sulawesi Tengah.”papar Asisten l.(RDJ).