banner 728x250

Bantu Pemerintah Tangani Covid-19, KPN Cetus Program Koin Peduli Kemanusiaan

  • Bagikan
Foto : Ketua Umum DPP KPN, Dedi Jaya, S. Kom
Foto : Ketua Umum DPP KPN, Dedi Jaya, S. Kom

NASIONAL, Suaralidik.com – Dewan Pimpinan Pusat Kebangkitan Pemuda Nusantara (DPP-KPN) dibawah pimpinan Dedi Jaya, S.Kom, telah mencetus sebuah program dalam memutus mata rantai Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus (SARS-CoV).

Program Kebangkitan Pemuda Nusantara bernama “Koin Peduli Kemanusiaan” pada awalnya terinspirasi oleh sebuah fakta ditengah gejolak Virus Corona yang melanda Indonesia, dimana seorang bocah berusia 9 tahun bernama Akram Ataya Khaizuran merelakan uang tabungannya untuk di sumbangkan ke tenaga medis di daerahnya untuk dipergunakan membeli Alat Pelindung Diri (APD). Padahal, uang celengan itu sebelumnya dia niatkan untuk membeli sepeda kesayangannya.

banner 728x250

“Alasan kami mencetus program ini juga terkait dengan informasi yang kami dapat bahwa jumlah uang koin Bank Indonesia (BI) yang beredar sejak 10 tahun terakhir mencapai Rp 6 triliun, artinya kebutuhan terhadap koin terus tumbuh. Peredaran nilai uang koin memang jumlahnya tak seberapa dari total uang yang beredar di masyarakat. Total uang yang beredar hingga April 2016 yang mencapai Rp 435,32 triliun, di luar bank umum dan BPR. Sayangnya tingkat pengembalian uang koin ke BI hanya 16 persen atau setara Rp 900 miliar dalam 10 tahun terakhir”, Terang Dedi, sapaan akrab ketum DPP KPN itu

Dia pun melanjutkan jika, dengan demikian ada sejumlah uang koin yang masih beredar di masyarakat dan bahkan tercecer begitu saja karena dianggap nominalnya kecil, padahal jika uang koin dikumpulkan dari berbagai pihak nominalnya tentu akan besar.

“Program Koin Peduli Kemanusiaan ini akan bekerja sama dengan tingkat DPW, DPD hingga tingkat DPC KPN se-Indonesia, dan tentu tidak terbatas hanya pada anggota KPN saja, kami membuka ruang kerjasama kepada masyarakat luas, khusus kepada OKP yang ingin bergabung”, Ungkapnya

Tambahnya, Kebangkitan Pemuda Nusantara (KPN) akan melaunching program “Koin Peduli Kemanusiaan” pada Rabu 22 April 2020.

“Pemuda harus bersatu membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Virus Corona ini, sebab melawan wabah ini adalah sebuah kewajiban bagi seluruh masyarakat, terutama peran aktif pemuda, sekecil apapun yang kita lakukan tentu itu memiliki dampak yang besar bila mana dilakukan bersama-sama. Ayo pemuda, mari bergerak memutus rantai virus corona demi Indonesia Sehat”, ujar pemuda asal Makassar itu, saat dikonfirmasi reporter media ini pada, Selasa (21/04/2020). (***Chan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *