Bantuan Ternak Bulukumba Disorot Kelompok Tani di DPRD, Kadis Peternakan: Mereka Belum Verifikasi

oleh
RDP Bantauan Ternak Yang Disorot Warga di Komisi B DPRD Bulukumba. Rabu (8/11/17).

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Kelompok Tani Ternak Maju Bersama Desa Lonrong, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba mengeluhkan keterlambatan penyaluran bantuan hibah ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bulukumba, padahal bantuan tersebut sudah ada namun belum tersalur.

RDP Bantauan Ternak Yang Disorot Warga di Komisi B DPRD Bulukumba. Rabu (8/11/17).

Mereka akhirnya mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba untuk mengadukan keterlambatan penyaluran bantuan itu, yang langsung direspon DPRD dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP) menghadirkan semua pihak terkait. Rabu (8/11/17).

Melalui RDP yang dipimpin Ketua Komisi B DPRD Bulukumba Lukman, bersama para anggota Komisi B mengadirkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba A. Rustinah. Ia diminta tanggapan terkait keterlambatan bantuan ternak yang di keluhkan kelompok tani ternak.

A. Rustinah yang didampingi beberapa berdalih, kalau keterlambatan penyaluran ternak di sebabkan banyaknya kelompok tani ternak yang terverifikasi, “tahapan verifikasi ini sangat penting agar kelompok penerima bantuan tepat sasaran, agar tidak ada bantuan jatuh ke kelompok yang fiktif, jadi keterlambatan bantuan tidak ada unsur kesengajaan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Lukman, berharap kedepan Bantuan ternak yang akan disalurkan ke Kelompok Tani Ternak sebagai penerima manfaat diupayakan realisasi paling lambat bulan Juni dan tahapan verifikasi kelompok tani ternak di lakukan sebelum pembahasan APBD tahun berjalan.

“upaya ini dilakukan agar tidak ada lagi keluhan dari calon penerima manfaat, harapan kita semua tidak ada lagi kondisi seperti ini, dan Pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memaksimalkan waktu yang ada, agar penyaluran bantuan ternak hibah tepat waktu,” tutup legislator fraksi Partai Hanura itu. (G2n/ Ar)