Batu Alam Bawa Sopa Wakili Bulukumba di Lomba BUMDES Berprestasi Tingkat Provinsi

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sopa Mandiri yang dimiliki oleh Desa Sopa Kacamatan Kindang menjadi wakil Bulukumba pada ajang lomba Bumdes Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Bumdes Sopa Mandiri memiliki unit usaha pada pengolahan batu alam. Bumdes ini juga baru terbentuk setahun lalu, yang dilaunching oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali memberi cinderamata kepada Ketua Tim Penilai  BUMDES Provinsi, Veri Patiallo. Senin (17/7/2017)

Meski masih baru, namun Bupati AM Sukri Sappewali menggaransi jika Bumdes ini bisa jadi contoh oleh karena sudah mampu menunjukkan eksistensinya dengan mengolah sumber daya alam yang dimiliki oleh desa ini.

“Dengan sumber daya alam dari bahan baku batu alam, Bumdes ini mampu memproduksi batu alam sendiri dan memasarkannya, baik di dalam daerah maupun di luar daerah. Bahkan saat ini Bumdes ini sudah memiliki Show Room di Kota Bulukumba” kata AM Sukri saat menerima tim penilai di Kantor Desa Sopa, Senin (17/7)

AM Sukri juga meminta pihak perbankan untuk membantu pengembangan Bumdes- bumdes yang ada di desa. Dirinya juga akan mendorong kepada SKPD dan para pengusaha agar kebutuhan batu alam diambil dari Desa Sopa saja.

Ketua Bumdes Sopa Mandiri Zon Arwanto menyampaikan jika unit usaha pengolahan batu alam yang dikelola Bumdesnya memiliki prospek yang bagus.

“Batu alam ini mampu menyerap tenaga kerja, mulai dari pengolahan bahan baku, produksi pabrik, sampai kepada pemasarannya” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Veri Patiallo mengapresiasi respon dan dukungan dari pemerintah kabupaten dalam memajukan Bumdes. Dirinya merasa terhormat karena disambut langsung oleh Bupati Bulukumba di desa tersebut.

Dikatakannya dalam penilaian lomba Bumdes, pihaknya akan mengukur indikator seperti jenis usaha apa, bagaimana manajemen pengelolaan Bumdes, dan seperti apa progres dari penyertaan modal dari pemerintah desa.

Sekedar diketahui desa hasil pemekaran dari Desa Mattirowalie ini memberikan penyertaan modalnya di Bumdes Sopa Mandiri sebesar 350 juta di tahun anggaran 2017 ini. Jenis batunya berupa batu Andesit, batu Candi dan batu Kuning dengan berbagai variasi model.

Turut hadir dalam acara penilaian lomba ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Kurniady, Camat Kindang Andi Awaluddin, serta pihak dari Bank Sulselbar dan Bank BNI Bulukumba.