Bawaslu Bonebol Copot APK Peserta Pemilu Pada Angkutan Umum

oleh

Bawaslu Bonebol bersama Dinas Perhubungan dan unsur Kepolisian melakukan penertiban Alat Perangka Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019, Selas 04/12/2018.(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bone Bolango ((Bawaslu Bonebol) bersama Dinas Perhubungan dan unsur Kepolisian setempat melakukan penertiban Alat Perangka Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 berupa branding maupun stiker pada kenderaan angkutan umum.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bonebol Fahri Kaluku didampingi komisioner lainnya Alti Muhammad dan Moh. Zain Slamet Baladraf mengatakan, kegiatan penertiban APK peserta Pemilu 2019 yang dilakukan selama dua hari dari tanggal 4-5 Desember 2018 itu, menyisir tempat-tempat yang menjadi jalur transportasi angkutan umum yang beroperasi di wilayah tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan penertiban APK peserta Pemilu 2019 ini, berdasarkan Surat Edaran (SE) Bawaslu RI Nomor :1990/K.Bawaslu/PM.00.00/XI/2018 perihal Pengawasan Metode Kampanye Pemilu 2019 tertanggal 23 November 2018,”kata Fahri saat diwawancarai di Kantor Sekretariat Bawaslu Bonebol, Rabu (5/12/2018).

Dalam surat edaran tersebut, lanjut Fahri, bahwa dalam pelaksanaan pengawasan kampanye, Bawaslu RI menyampaikan beberapa hal. Salah satunya sebagaimana tercantum pada poin nomor 8, yakni peserta Pemilu, pelaksana kampanye dan tim kampanye dilarang memasang memasang stiker maupun branding tang memuat citra diri, identitas, ciri-ciri khusus atau karakteristik Peserta Pemilu pada kenderaan transportasi umum dan kenderaan milik pemerintah.

“Dengan adanya SE Bawaslu RI ini, kami mengimbau kepada para peserta Pemilu 2019 untuk menaati aturan main dalam berkampanye, yakni dengan tidak memasang stiker atau branding APK peserta Pemilu di tempat umum, sarana dan prasarana publik lainnya, seperti pada kenderaan maupun mobil angkutan umum,”imbau Fahri.

Fahri menyebutkan, dalam operasi penertiban APK tersebut, pihaknya bersama Dinas Perhubungan dan unsur Kepolisian berhasil merazia stiket atau branding Peserta Pemilu dibeberapa kenderaan angkutan umum yang beroperasi di wilayah trans Sulawesi Pantai Selatan (Bone Pesisir), dan wilayah Kecamatan Bulango Selatan.

“APK berupa stiker maupun branding peserta Pemilu yang ada di kenderaan angkutan umum itu langsung kita copot pemasangannya,”tegas Fahri Kaluku.(***Andi).